Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jokowi Resmikan Tol Baru Sepanjang 11,9 Km, Bikin Perjalanan Jakarta-Sukabumi Cuma 2,5 Jam

Naufal Nur Aziz Effendi - Sabtu, 5 Agustus 2023 | 12:27 WIB
Presiden Jokowi meresmikan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 pada Jumat (4/8/2023), saat beroperasi bisa memangkas waktu perjalanan Jakarta-Sukabumi tinggal 2,5 jam.
Dok. Humas BPJT
Presiden Jokowi meresmikan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 pada Jumat (4/8/2023), saat beroperasi bisa memangkas waktu perjalanan Jakarta-Sukabumi tinggal 2,5 jam.

GridOto.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 Km.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, pada pagi hari ini saya resmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat," ujar Presiden Jokowi di depan Gerbang Tol Parungkuda, Jumat (4/8/23).

Presiden Jokowi mengatakan, dengan beroperasinya Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2, bisa memangkas waktu perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi dua kali lebih cepat.

"Jika dari Jakarta ke Sukabumi menghabiskan waktu biasanya sampai 5 jam sekarang adanya Jalan Tol ini hanya kurang lebih 2,5 jam saja," ujar Presiden Jokowi.

Ia menambahkan, tol ini nantinya akan mempercepat mobilitas orang, barang, dan juga yang berkaitan dengan investasi.

"Karena jika dilihat dari survey para investor yang ada di Jawa Barat menduduki ranking pertama berinvestasi, alasannya pertama karena tol yang ada di Jawa Barat paling banyak jumlahnya," bebernya.

Sementara itu Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Miftachul Munir mengatakan, selain memangkas waktu tempuh berkendara ke Sukabumi, tol ini juga menjadi alternatif akses menuju Padalarang lewat selatan yang kedepannya terkoneksi dari Ciranjang ke Padalarang.

"Tol ini juga bermanfaat bagi masyarakat di sekitar Sukabumi yakni mengurangi kemacetan pada jalan nasional Bogor-Sukabumi," ujar Munir.

Sebagai informasi, Tol Ciawi-Sukabumi memiliki total panjang 54 km yang terbagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu.

Baca Juga: Ngeri Banget, Ada Jalur Penyelamat di Tol Ciawi yang Konstruksinya Berbahaya, Begini Tanggapan Jasa Marga

Selanjutnya Seksi 2 Cigombong–Cibadak sepanjang 11,9 Km yang telah selesai konstruksi dan sudah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF), akan segera dioperasikan.

Pada 3-4 Juli 2023 lalu, PT Trans Jabar Tol telah melakukan Uji Laik Fungsi (ULF) dan uji layak Operasi (ULO) pada Seksi 2 Cigombong-Cibadak meliputi uji spesifikasi terhadap teknis persyaratan dan perlengkapan jalan serta aspek keselamatan.

Tujuannya agar ruas tersebut memenuhi standar yang telah ditetapkan untuk menunjang keamanan, keselamatan serta kenyamanan untuk para penguna jalan.

Kemudian untuk Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,7 km dan Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km, saat ini sedang dalam tahap persiapan.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa