Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kasih Tip ke Petugas SPBU, Penimbun BBM di Yogyakarta Bisa Borong 800 Liter Pertalite

Naufal Nur Aziz Effendi - Kamis, 21 September 2023 | 14:30 WIB
Jajaran Sat Reskrim Polresta Yogyakarta mengamankan 7 pelaku penimbunan BBM Subsidi, Rabu (20/9/2023), modusnya ngasih tip ke petugas SPBU buat borong 800 liter Pertalite
polresjogja.com
Jajaran Sat Reskrim Polresta Yogyakarta mengamankan 7 pelaku penimbunan BBM Subsidi, Rabu (20/9/2023), modusnya ngasih tip ke petugas SPBU buat borong 800 liter Pertalite

GridOto.com - Komplotan penimbun BBM subdisi di Yogyakarta diketahui bisa membeli 800 liter Pertalite dalam sehari.

Modusnya, mereka memberikan uang tip sebesar Rp 2.000 dalam setiap pembelian Pertalite kepada petugas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Kasus penyalahgunaan BBM subsidi tersebut diungkap Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Yogyakarta saat menggelar konferensi pres pada Rabu (20/9/2023) siang.

Kasat Reskrim Polresta Yogyakarta, AKP Archye Nevadha mengatakan, penangkapan pelaku penimbun BBM subsidi ini berlangsung pada Kamis (14/9/2023) pukul 23.30 WIB di Jl. Dr Sarjito, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

"Pelaku inisial IP diamankan saat sedang mengangkut 3 buah jeriken yang berisikan Pertalite yang rencananya akan dijual kembali ke toko atau konsumen yang sudah memesan sebelumnya," ungkap AKP Archye, dikutip dari halaman polresjogja.com.

Setelah dilakukan penyelidikan, diketahui bahwa aktivitas penyalahgunaan BBM bersubsidi ini telah berlangsung sejak awal tahun 2023.

"Dalam sehari, tersangka beserta komplotannya bisa membeli sebanyak 800 Liter Pertalite, kemudian ditimbun di sebuah kos-kosan yang disewa pelaku," terangnya.

BBM subsidi tersebut kemudian didistribusikan kepada konsumen yang sebagian besarnya pengusaha Pertamini di wilayah Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman.

"Keuntungan yang didapat pelaku dalam sebulan mencapai Rp 11.000.000, dalam setiap pembelian pertalite pelaku memberikan uang tip sebesar Rp 2.000 kepada petugas SPBU," tambahnya.

Baca Juga: Parah! Ada Oknum Polisi Jadi Penimbun Pertalite di Lampung

Editor : Dida Argadea
Sumber : polresjogja.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa