Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Empat Pelaku Penimbun 2,5 Ton BBM Jenis Pertalite Diamankan Polisi, Jual dengan Harga Lebih Mahal

Dia Saputra - Minggu, 4 September 2022 | 14:05 WIB
Polresta Tangerang menguak kasus penimbunan BBM bersubsidi jenis Pertalite sampai 2,5 ton yang dilakukan empat tersangka warga Kabupaten Tangerang (2/9/2022).
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Polresta Tangerang menguak kasus penimbunan BBM bersubsidi jenis Pertalite sampai 2,5 ton yang dilakukan empat tersangka warga Kabupaten Tangerang (2/9/2022).

GridOto.com - Kabar terkait kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar, resmi disampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu (3/9/2022) kemarin.

Sebelum kabar kenaikan harga beredar, Polresta Tangerang telah mengamankan empat pelaku yang menimbun kurang lebih 2,5 ton BBM jenis Pertalite.

Menurut Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma, BBM hasil timbunan ini dijual ke warung kelontong dengan harga lebih mahal.

"Kami juga berhasil mengamankan empat tersangka dalam waktu yang sama," buka Raden Romdhon Natakusuma dikutip dari TribunJakarta.com.

Keempat tersangka tersebut adalah RI, R, JW, dan PR yang diamankan dari sejumlah lokasi yang berbeda, seperti Kecamatan Rajeg, Cisoka dan Solear dengan modus serupa.

Romdhon menjelaskan, mereka membeli Pertalite dari SPBU resmi menggunakan pikap yang berisikan jeriken.

"Ada juga yang melakukan modifikasi kendaraan untuk mengangkut Pertalite di SPBU," jelas Romdhon.

Menurutnya, keempat tersangka sengaja memanfaatkan momen gonjang-ganjing harga Pertalite yang kabarnya akan naik jadi sekira Rp 10 ribu per liter.

Baca Juga: Rekomendasi BBM Hyundai Stargazer Oktan 91, Kalau Pakai Pertalite?

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, keempat tersangka dijerat Pasal 55 Undang-undang RI nomor 22 Tahun 2021 Tentang Minyak dan Gas dengan ancaman pidana penjara paling lama enam tahun.

"Jadi intinya, ini terkait dengan antisipasi penyesuaian harga BBM oleh pemerintah, Polresta Tangerang melaksanakan berbagai kegiatan pencegahan dan penegakan hukum, tutur Romdhon lagi. 

"Jangan sampai ada penyalahgunaan terkait BBM khususnya yang bersubsidi," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Gonjang-ganjing BBM Bersubsidi, Penimbun 2,5 Ton Pertalite di Tangerang Diringkus Polisi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa