Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Cara TBN Series Gelar Kegiatan Otomotif Bernuansa Nasionalisme

Wisnu Andebar - Selasa, 5 September 2023 | 09:50 WIB
TBN Series ajak komunitas otomotif ke Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Dok. TBN Series
TBN Series ajak komunitas otomotif ke Museum Perumusan Naskah Proklamasi

GridOto.com - Touring Bela Negara Series (TBN Series) kembali menggelar acara otomotif bernuansa nasionalisme, dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

Berlangsung pada Sabtu (26/8/2023) lalu, kegiatan yang diusung TBN Series kali ini adalah kunjungan ke Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.

Acara yang diikuti oleh lebih dari 100 perwakilan komunitas otomotif roda empat se-Jabodetabek ini berlangsung dengan tema 'Napak Tilas Naskah Proklamasi'.

Pembina TBN Series, KRMT Roy Suryo mengatakan, untuk kesekian kalinya TBN Series dengan dukungan penuh komunitas otomotif menggelar acara bertema kebangsaan dan nasionalisme ini.

"Kami berharap kegiatan ini dapat berlangsung terus menerus secara konsisten tidak hanya pada moment 17 Agustus saja, dan hal ini patut diapresiasi," kata Roy Suryo yang pernah menjabat sebagai Menpora RI, dalam keterangan resmi yang diterima GridOto.com, Selasa (5/9/2023).

Museum Proklamasi ini dulunya dirancang sebagai bangunan 'kota taman' pertama di Indonesia oleh Belanda pada 1910.

Gedungnya sendiri dibangun pada 1920 silam. Gedung dengan luas tanah 3.914 meter persegi dan luas bangunan 1.138 meter persegi ini dibangun dengan gaya arsitektur Eropa oleh Belanda.

TBN Series ajak komunitas otomotif ke Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Dok. TBN Series
TBN Series ajak komunitas otomotif ke Museum Perumusan Naskah Proklamasi


Sampai akhirnya pada saat Perang Pasifik terjadi, Jepang masuk dan mengambil alih Indonesia.

Pada masa itulah gedung ini kemudian dijadikan tempat tinggal oleh Laksamana Muda Tadashi Maeda.

Baca Juga: Touring Bela Negara Gelar Buka Bersama, Begini Keseruannya Loh

Saat itu, Laksamana Maeda menjabat sebagai seorang Kepala Penghubung Angkatan Laut dan Angkatan Darat Kekaisaran Jepang.

Pada 16 Agustus 1945, Tadashi Maeda mengizinkan rumahnya menjadi tempat disusunnya perumusan naskah proklamasi Indonesia.

"Target kami adalah menyatukan seluruh pencinta otomotif dengan berbagai acara yang bertujuan membumikan Pancasila dan bela negara, dilakukan dengan aksi nyata, salah satunya adalah mengunjungi museum ini," papar Humas Nasional TBN Series Jeremy Timothy.

Kunjungan ini diklaim mendapatkan sambutan yang meriah dan antusiasme dari para peserta, terbukti dari membludaknya peserta hingga harus dibatasi.

Cahyadi, dari Indonesia Mazda Auto Club menyampaikan, bahwa pihaknya senang dengan acara yang digelar oleh TBN series ini.

"Kami mendukung penuh acara yang diadakan dengan tujuan positif, salah satunya menyambangi museum seperti ini," sebutnya.

Sekadar info, TBN Series adalah wadah para pencinta otomotif khususnya club atau komunitas yang ingin bersama-sama menggelorakan semangat nasionalisme, pembumian Pancasila, dan Bhinneka Tunggal Ika versi otomotif.

Kegiatan bernuansa nasionalisme secara terus menerus akan diadakan sepanjang tahun secara konsisten, dan perhelatan ini juga mendapatkan pujian dari banyak peserta lainnya.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa