Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

TGRI Full Senyum, Kemenangan di AXCR 2023 dan GT WCA 2023 Jadi Kado Terindah untuk HUT RI Ke-78

Muhammad Rizqi Pradana - Selasa, 22 Agustus 2023 | 14:05 WIB
Kemenangan di AXCR 2023 dan GTWCA 2023 jadi kado HUT RI ke-78 yang indah dari TGRI.
Dok. TGRI
Kemenangan di AXCR 2023 dan GTWCA 2023 jadi kado HUT RI ke-78 yang indah dari TGRI.

GridOto.com - Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) menjalani HUT RI ke-78 yang manis dengan dua kemenangan sekaligus akhir pekan lalu.

Kemenangan tersebut masing-masing diraih TGRI di ajang Asia Cross Country Rally atau kerap disebut AXCR 2023, serta GT World Challenge Asia atau GT WCA 2023.

"Dua prestasi luar biasa ini, menambah semangat TGRI untuk mencatatkan prestasi tinggi lainnya di ajang balap regional,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam siaran resminya, Selasa (22/8/2023).

Di kancah AXCR 2023, kedua pembalap TGRI yaitu Takuma Aoki dan Tubagus Moerinsyahdi alias TB Adhi, berhasil menguasai P1 dan P2 di kelas T1D dan Overall pada balapan yang digelar di Thailand dan Laos itu.

Takuma Aoki yang juga mantan pembalap GP500 era 90-an itu sukses menggondol kemenangan dengan Toyota Fortuner GR Sport Diesel yang sudah dimodifkasi khusus.

Tidak hanya untuk persiapan balap, modifikasi tersebut juga meliputi mekanisme gas dan rem menggunakan tangan kiri yang dipersiapkan oleh Aoki bersama dengan engineer TGRI.

Pembalap Indonesia yaitu TB Adhi (kiri) berhasil finish kedua overall di AXCR 2023 untuk mengunci 1-2 bagi TGRI.
Dok. TGRI
Pembalap Indonesia yaitu TB Adhi (kiri) berhasil finish kedua overall di AXCR 2023 untuk mengunci 1-2 bagi TGRI.

Hal tersebut menjadi keharusan setelah Takuma Aoki, yang kerap dijuluki sebagai Fireball Brothers bersama kedua kakanya Nobuatsu dan Haruchika, lumpuh kaki akibat kecelakaan pada 1998 silam.

Sementara dari Indonesia, TB Adhi menjadi pembalap lokal TGRI pertama di ajang AXCR untuk berlaga di kelas T2A-D (standard non homologasi).

Baca Juga: Haridarma Manoppo Rajin Gowes Pagi Jelang Tes Toyota GR Supra GT4, Mantap ke GT World Challenge Asia Nih

Namun karena pihak panitia mendapati modifikasi yang dinilai tidak sesuai dengan regulasi kelas tersebyt, Adhi pun harus berkompetisi di kelas T1-D yang memiliki spesifikasi lebih tinggi.

“Tapi itu tidak menyurutkan sedikitpun semangat pada tim," ucap TB Adhi dalam kesempatan yang sama.

"Datang sebagai pembalap lokal pertama TGRI pada ajang AXCR tentu menjadi motivasi tersendiri bagi saya untuk menghadirkan hasil yang terbaik bagi tim," imbuhnya.

Berkat kerjasama apik antar driver, mekanik, dan tim,TB Adhi pun sukses mengunci podium kedua untuk mempersembahkan 1-2 bagi TGRI di kelas mobiil overall AXCR 2023.

Sementara jauh di utara Samudera Pasifik, duet Haridarma Manoppo dan pembalap Jepang Nonaka Seita sukses menggondol kemenangan dan podium kedua masing-masing di seri ke-9 dan ke-10 GT WCA 2023.

Haridarma Manoppo dan Nonaka Seita meraih kemenangan dan podium kedua masing-masing pada seri ke-9 dan 10 GT WCA 2023 di sirkuit Okayama, Jepang.
Dok. TGRI
Haridarma Manoppo dan Nonaka Seita meraih kemenangan dan podium kedua masing-masing pada seri ke-9 dan 10 GT WCA 2023 di sirkuit Okayama, Jepang.

Memanfaatkan kesalahan duet Masaki Kano dan Manabu Orido dari BMW M Team Studie yang kehabisan bensin, Haridarma Manoppo dan Nonaka Seita merebut kemenangan di detik-detik akhir seri ke-9 GT WCA 2023 kelas GT4.

Sementara pada seri ke-10 yang masih digelar di Sirkuit Okayama, Jepang tersebut, Haridarma dan Seita kokoh mengamankan podium kedua dengan Toyota GR Supra GT4 mereka.

Pencapaian ini jadi lebih spesial, mengingat TGRI serta Haridarma dan Seita belum turun penuh di GT WCA tahun ini.

“Target TGRI adalah beradaptasi semaksimal mungkin pada kondisi aktual race GT4 yang tidak kenal kompromi, mendapatkan sebanyak mungkin data di sirkuit, dan melakukan serangkaian adjustment untuk memperoleh catatan waktu yang semakin baik pada setiap seri balapan," ucap Haridarma dalam kesempatan yang sama.

"Kerjasama antara pembalap dan kru TGRI yang juga tampil maksimal bisa mengharumkan nama Indonesia dikancah regional,” jelas pembalap yang juga akrab dipanggil HDM itu.

Nonaka Seita (kiri) dan Haridarma Manoppo (kanan) di atas podium tertinggi seri ke-9 GT WCA 2023.
Dok. TGRI
Nonaka Seita (kiri) dan Haridarma Manoppo (kanan) di atas podium tertinggi seri ke-9 GT WCA 2023.

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM  mengatakan, kedua prestasi TGRI di kancah Asia ini menunjukkan kalau pihaknya tidak hanya mengejar prestasi di kancah domestik.

Melainkan juga turut andil mengantarkan dan mempersiapkan para pembalapnya berkompetisi di ajang balap regional.

"Alhasil, skill pembalap akan semakin berkembang di samping tentunya melatih kru TGRI supaya dapat meningkatkan performa race car dengan target melampaui kinerja terbaiknya," jelas Anton dalam kesempatan yang sama.

"Toyota menggunakan data dan pengalaman penting dari sirkuit balap dunia dalam pengembangan model-model baru sesuai perkembangan trend, teknologi, dan lifestyle,” tutupnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa