Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Maling Cuma Butuh 5 Detik untuk Gasak Motor, Polisi Minta Pabrikan Tingkatkan Fitur Kemanan

M. Adam Samudra - Senin, 31 Juli 2023 | 16:20 WIB
Motor hasil curanmor yang berhasil diamankan Polsek Tambora
Polsek Tambora
Motor hasil curanmor yang berhasil diamankan Polsek Tambora

GridOto.com - Polres Metro Jakarta Barat berhasil mengamankan sebanyak 18 motor hasil curian yang disita dari sebuah Truk.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Syahddudi, bersama Kapolsek Tambora Kompol Putra Pratama, mengatakan dari keterangan tersangka mereka tak butuh waktu lama untuk mengasak motor para korbannya.

"Dari rekaman video terlihat bahwa begitu mudahnya para pelaku mencuri sepeda motor hanya dalam hitungan detik. Saat ini, waktu yang dibutuhkan para penjahat ini untuk mencuri sepeda motor semakin cepat, di bawah 5 detik," kata Kombes Pol Syahduddi, Senin (21/7/2023).

Menurutnya, fitur keamanan motor berupa penutup lubang kunci kini tak terlalu berguna.

Karena mekanismenya sangat mudah dibuka dengan bantuan alat berupa magnet yang dijual bebas.

Selain itu berdasarkan keterangan para pelaku, tipe motor yang selalu dijadikan sasaran pelaku Curanmor antara lain Honda Vario, Honda beat, Scoopy, Yamaha Mio dan Yamaha Nmax.

"Mengapa motor jenis ini? Selain karena paling banyak digunakan, jenis kendaraan itulah yg fitur keamanan atau security system kendaraannya paling lemah," kata dia.

"Maka pencegahan kejahatan curanmor harus dilakukan dari hulu sampai hilirnya. Kejahatan terjadi tidak hanya karena ada niat dari pelaku tapi karena ada kesempatan dan situasi kondisi lingkungan yang mendukung," paparnya lagi.

Untuk itu ia mengimbau, masyarakat untuk menambah sistem kemanan dari standar pabrikan, seperti menambah kunci ganda, alarm bahkan GPS agar jika hilang masih bisa dilacak.

"Motor agar diparkir di garasi atau tempat parkir yang seharusnya. Motor tidak boleh diparkir di gang atau di jalan umum karena jalan umum adalah milik bersama yang mudah diakses oleh orang lain termasuk pelaku kejahatan," ucapnya.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa