Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pemutihan Pajak Kendaraan Bisa Diurus Tanpa Persyaratan Khusus, Berlaku Sampai Bulan Depan

Naufal Nur Aziz Effendi - Selasa, 4 Juli 2023 | 11:57 WIB
Ilustrasi: pemutihan pajak kendaraan di Maluku berlaku mulai 26 Juni sampai 31 Agustus 2023, bisa diurus tanpa perlu persyaratan khusus.
ntmcpolri.info
Ilustrasi: pemutihan pajak kendaraan di Maluku berlaku mulai 26 Juni sampai 31 Agustus 2023, bisa diurus tanpa perlu persyaratan khusus.

GridOto.com - Program pemutihann pajak kendaraan bermotor 2023 sedang berlangsung di beberapa wilayah, termasuk di Maluku.

Pemerintah Provinsi Maluku, melalui Badan Pendapatan Daerah, memberikan pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Ⅱ (BBN-KB II) dan Denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) mulai 26 Juni hingga 31 Agustus 2023.

Pelaksana Tugas Kepala Bidang Pajak Provinsi Maluku, Anang Husein Banjar menjelaskan  pembebasan denda tersebut dilakukan sebagai bentuk relaksasi kepada wajib pajak, terkait dengan penurunan pendapatan masyarakat akibat pandemi Covid-19.

"Pembebasan pajak tahun ini didasarkan pada Peraturan Gubernur Nomor 16 tahun 2023. Seperti tahun-tahun sebelumnya, ada relaksasi pajak karena pada masa-masa sebelumnya, terjadi penurunan pendapatan masyarakat akibat pandemi Covid-19, sehingga mereka kurang membayar pajak dan kurang memiliki kesadaran dalam membayar pajak," ujarnya, dikutip dari TribunAmbon.com pada Senin (3/7/2023).

Anang mengatakan, ini merupakan tahap pertama dari pembebasan denda pajak kendaraan bermotor. Jika perkembangannya berjalan baik, maka program tersebut akan dilanjutkan hingga Desember.

"Tahun ini, tahap pertama berlangsung dari tanggal 26 hingga 31 Agustus, dan akan dilanjutkan jika memenuhi progres yang baik. Kita akan melihat perkembangannya dan kemungkinan akan dilanjutkan hingga Desember," ungkapnya.

Dengan adanya penghapusan denda pajak dari tahun-tahun sebelumnya, wajib pajak hanya perlu membayar pokok pajak saja.

"Kebijakan pembebasan ini juga berhubungan dengan penghapusan denda pajak dari tahun-tahun sebelumnya. Jadi, jika ada denda, itu akan dihapus, dan masyarakat hanya perlu membayar jumlah pajak pokoknya," jelasnya.

Anang berharap bahwa kebijakan ini dapat mendorong kesadaran masyarakat untuk melunasi tunggakan pajak karena Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebagian besar berasal dari Pajak Kendaraan Bermotor.

Baca Juga: Pemutihan Pajak Kendaraan Berlaku di 10 Provinsi Ini, Banyak Keringanan yang Bisa Dimanfaatkan

Editor : Hendra
Sumber : TribunAmbon.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa