Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

PO Sumber Alam Bikin Tes Rem Blong, Ketahuan Cara Ampuh Berhenti Saat Kondisi Daruat

Naufal Nur Aziz Effendi - Kamis, 29 Juni 2023 | 19:30 WIB
PO Sumber Alam lakukan uji coba berbagai cara pengereman saat bus mengalami rem blong.
YouTube Sumber Alam ID
PO Sumber Alam lakukan uji coba berbagai cara pengereman saat bus mengalami rem blong.

GridOto.com - Perusahaan otobus (PO) Sumber Alam kembali membuat eksperimen menarik, yakni mensimulasikan bus yang mengalami rem blong.

Dalam video yang diunggah di kanal YouTube Sumber Alam ID, uji coba tersebut dilakukan untuk mencari tahu cara apa yang paling ampuh untuk membuat bus berhenti saat mengalami rem blong atau kondisi darurat.

"Mungkin teman-teman pensaran, bagaimana jika rem bus ngeblong, sampai seberapa jauh sih berjalannya? Maka dari itu kita coba menjalankan bus ini di kecepatan 20 km/jam," ujar bos PO Sumber Alam, Anthony Steven Hambali dalam videonya.

Ia mengatakan, meski kecepatan 20 km/jam tergolong pelan, namun karena bus memiliki dimensi dan bobot yang besar, kendaraan tersebut bisa tetap menggelending cukup jauh apabila mengalami masalah di pengereman.

"Kita cek kondisinya kalau saat rem blong bus ini dikopling sampai ngeloss, seberapa jauh bus ini masih bisa melaju. Kemudian akan kita lihat juga ketika tidak direm tapi persenelingnya masuk gigi. Lalu saat direm pakai handbrake, dan dicoba ngerem pakai rem aktif," jelasnya.

Dalam percobaan pertama, bus yang dikemudikan Anthony dijalankan hingga kecepatan 20 km/jam, kemudian ketika sudah sampai titik pengereman, pedal kopling bus diinjak supaya kendaraan ngeloss.

"Ternyata kalau dibikin ngeloss, bus masih menggelinding cukup jauh, mungkin sekitar 100 sampai 200 meter bus masih melaju sampai benar-benar berhenti," ungkapnya.

Di percobaan kedua, bus kembali dijalankan sampai 20 km/jam. Ketika sampai di kecepatan tersebut, pedal gas dilepas namun tuas perseneling tetap masuk gigi 1 tanpa injak kopling.

Bus tersebut kemudian dibiarkan melaju sampai mesinnya benar-benar mati.

Baca Juga: PO Sumber Alam Jual Bus Bekas Mercedes-Benz OH 1525, Intip Harganya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa