Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

PO Sumber Alam Buktikan Teori KNKT Tentang Penyebab Kecelakaan Bus Guci, Ini Hasilnya

Naufal Nur Aziz Effendi - Kamis, 18 Mei 2023 | 17:39 WIB
buktikan teori KNKT tentang penyebab kecelakaan bus Guci, bos PO Sumber Alam bikin percobaan menggunakan Toyota Land Cruiser dan Yamaha WR155R.
Youtube Sumber Alam ID
buktikan teori KNKT tentang penyebab kecelakaan bus Guci, bos PO Sumber Alam bikin percobaan menggunakan Toyota Land Cruiser dan Yamaha WR155R.

GridOto.com - Beberapa waktu lalu, Bos Perusahaan Otobus (PO) Sumber Alam, Anthony Steven Hambali, mengumumkan akan melakukan uji coba teori dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tentang penyebab kecelakaan bus di Guci.

Sebelumnya, pihak KNKT menyebut penyebab kecelakaan bus terperosok ke sungai di Objek Wisata Guci pada Minggu (7/5/2023) lalu, disebabkan adanya energi potensial yang cukup untuk mendorong bus untuk bergerak meski handbrake sudah diaktifkan.

Pernyataan yang dijelaskan Plt Ketua Sub Komite LLAJ KNKT, Ahmad Wildan tersebut rupanya masih menjadi perdebatan di masyakarat, karena tidak sedikit yang mempercayai kalau saat kejadian posisi handbrake tidak aktif lantaran roda tidak mengunci.

Hal itu rupanya menyita perhatian Anthony Steven Hambali. Ia ingin melakukan uji coba teori yang dijelaskan oleh pihak KNKT tersebut sebagai sarana edukasi kepada masyarakat.

"Untuk konten kali ini, kami mau mengajak penonton untuk mengetahui bagaimana bisa meski rem mengunci atau aktif, tetap bisa membuat roda berputar," beber Anthony melalui kanal Youtube Sumber Alam ID, Rabu (17/5/2023).

Anthony kemudian mengajak penonton ke garasi untuk melakukan pembuktian tentang adanya energi potensial yang menyebabkan kecelakaan bus Guci, dengan menggunakan sebuah jip Toyota Land Cruiser dan satu Yamaha WR155R.

"Kita akan praktek untuk menggambarkan situasi saat rem mengunci dan saat rem aktif, tapi kalah dengan energi potensial yang mendorong kendaraan ke depan," jelasnya.

Sebelum melakukan percobaan, Bos Sumber Alam itu menjelaskan kepada warganet tentang alasan kenapa tidak melakukan pengetesan menggunakan armada bus miliknya.

"Hal penting yang mau saya sampaikan di percobaan ini adalah logikanya terlebih dahulu, jadi Anda harus bisa melihat dari sudut pandang teori dari KNKT," ungkapnya.

Baca Juga: PO Sumber Alam Bikin Eksperimen Kecelakaan Bus Wisata Guci, Hasilnya Bikin Penasaran

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa