Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Insiden Bus Masuk Jurang di Guci, Rian Mahendra Sebut Efek dari Budaya Buruk Perusahaan Otobus di Lapangan

Muhammad Rizqi Pradana - Senin, 15 Mei 2023 | 19:45 WIB
Rian Mahendra mengatakan, kasus kecelakaan bus masuk jurang di Guci, Tegal menjadi pelajaran penting bagi para pelaku industri transportasi khususnya Perusahaan Otobus (PO).
kolase: istimewa/Instagram @rianmahendra83
Rian Mahendra mengatakan, kasus kecelakaan bus masuk jurang di Guci, Tegal menjadi pelajaran penting bagi para pelaku industri transportasi khususnya Perusahaan Otobus (PO).

GridOto.com - Insiden bus masuk jurang di objek wisata Guci, Kabupaten Tegal disebut Rian Mahendra jadi pelajaran penting bagi para pelaku industri transportasi, khususnya Perusahaan Otobus (PO).

Peristiwa yang menelan dua korban jiwa dan puluhan luka-luka tersebut mengundang rasa belasungkawa dari berbagai pihak, termasuk dari tenaga ahli PO Kencana itu.

"Kami juga ikut berduka cita untuk korban yang meninggal dunia," ucap pria yang ajrab disapa Rian ini kepada GridOto.com, Senin (8/5/2023)

"Pokoknya sedih lah kalau ada kecelakaan apapun itu bentuknya, apalagi di bidang transportasi yang kita geluti. Tapi ini juga menjadi pelajaran ya," imbuhnya.

Rian mengatakan, kasus bus masuk jurang di wisata Guci harus menjadi momen bagi para PO untuk meninggalkan 'budaya buruk' yang selama ini terjadi di lapangan.

Budaya yang dimaksud adalah kebiasaan sopir ataupun kru untuk meninggalkan bus ketika masih ada penumpang di dalamnya.

"Memang ini budaya, ketika mesin dinyalakan untuk menunggu penumpang itu enggak ada sopir, kernet atau kru, kadang mereka tinggal untuk ngopi atau makan," ucap Rian.

"Kalau saya sih lebih ke jaga-jaga ya, tapi saat mesin menyala untuk nunggu penumpang itu paling tidak harus ada sopir atau kru di sekitar bus entah itu di sebelah pintu atau di manapun yang kira-kira gampang untuk mereka masuk ke ruang kendali," imbuhnya.

Memang, tidak adanya sopir dan kernet di area bus saat terjadi kecelakaan menjadi salah satu alasan mengapa pihak kepolisian menetapkan mereka sebagai tersangka dalam kasus kecelakaan bus masuk jurang di Guci.

Baca Juga: Rian Mahendra Masih Yakin Rem Tangan Bus di Guci Dilepas Orang, Sopir Cuma Kambing Hitam?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa