Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sambut Libur Idul Adha, Rekayasa Buka Tutup Rest Area Tol Siap Diberlakukan

Naufal Nur Aziz Effendi - Rabu, 28 Juni 2023 | 17:19 WIB
rekayasa buka tutup rest area akan diberlakukan lewat diskresi kepolisian pada periode libur Idul Adha 2023.
istimewa
rekayasa buka tutup rest area akan diberlakukan lewat diskresi kepolisian pada periode libur Idul Adha 2023.

GridOto.com - Memasuki periode libur Idul Adha 1444H/2023, PT Jasamarga Related Business (JMRB) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola Rest Area Travoy, telah menyiapkan sejumlah rencana operasional.

Persiapan tersebut berlaku bagi rest area yang dikelolanya maupun rest area yang dikelola oleh mitra di ruas jalan tol Jasa Marga Group.

Direktur Bisnis Fasilitas Jalan Tol PT JMRB, Bimo Esmunantyo menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan berbagai skema untuk menghadapi kemungkinan kepadatan yang dapat menyebabkan antrean hingga ke jalur utama tol.

"Salah satunya kami akan memberlakukan rekayasa buka-tutup rest area," ujar Bimo dalam keterangannya, Rabu (28/6/2023).

Menurutnya, pemberlakukan buka-tutup rest area dilakukan sesuai dengan diskresi kepolisian dan berkoordinasi dengan pengelola ruas jalan tol dan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO).

"Kami juga telah melakukan penambahan petugas pengatur lalu lintas di dalam rest area dan melakukan rekayasa flow kendaraan, khususnya bagi rest area yang berpotensi terjadi kepadatan seperti Rest Area Km 57A ruas Jakarta-Cikampek dan Rest Area Travoy 88A ruas Cipularang," jelasnya.

Menurut Bimo, hal itu dimaksudkan agar alur kendaraan menjadi lebih efektif dan kantung-kantung parkir yang tersedia dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Selain itu, Bimo menjelaskan PT JMRB juga telah berkoordinasi dengan PT Pertamina (Persero) untuk memastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU rest area.

"Selain SPBU, rest area di ruas Jasa Marga Group pun menyediakan layanan pengisian daya kendaraan berbasis listrik," ungkapnya.

Baca Juga: Libur Panjang Ganjil-Genap Ditiadakan, Semua Mobil Bebas Lewat Jakarta

Secara kersuluruhan, ada 15 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area di ruas Jasa Marga Group.

"Dalam memaksimalkan pelayanan, kami juga telah menyiagakan tim dan personel di Rest Area Travoy ataupun di rest area di ruas Jasa Marga Group yang dikelola oleh mitra," lanjutnya.

Bimo menambhakan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kebersihan dan keamanan yang bersiaga selama 24 jam. Sehingga, pengunjung dapat beristirahat dengan nyaman di rest area.

"Dengan segala kesiapan operasional dan pelayanan yang dilakukan oleh Jasa Marga Group di rest area, PT JMRB berharap pengamanan libur Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 dapat berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman," pungkasnya.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa