Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sopir Sengaja Tabrakkan Bus Pariwisata ke Pohon, Insiden Rem Blong di Ciater Berakhir Tanpa Korban

Naufal Nur Aziz Effendi - Selasa, 6 Juni 2023 | 14:30 WIB
Satu unit bus pariwisata terguling di Jalan Raya Ciater, Jawa Barat, Minggu (4/6/2023). Sopir (kanan) menabrakkan bus ke pohon untuk meminimalkan korban, 58 penumpang yang berada di dalamnya berhasil selamat .
TribunJabar.id/Ahya Nurdin
Satu unit bus pariwisata terguling di Jalan Raya Ciater, Jawa Barat, Minggu (4/6/2023). Sopir (kanan) menabrakkan bus ke pohon untuk meminimalkan korban, 58 penumpang yang berada di dalamnya berhasil selamat .

GridOto.com - Satu unit bus pariwisata berisi 58 penumpang dari sekolah Tsanawiyah asal Kota Serang, Banten, terguling di Jalan Raya Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Minggu (4/6/2023), pukul 19.00 WIB.

Sopir bus pariwisata bernama Asep Setiawan (42) mengatakan, kejadian tersebut disebabkan rem kendaraan yang tidak berfungsi dengan baik.

Menurut Asep, selama perjalanan dari Lembang, rem kendaraan berada dalam kondisi baik tanpa ada masalah yang terjadi.

"Namun, setelah kami memasuki Tangkuban Parahu, rem mulai bermasalah, dan saya sempat berhenti untuk memeriksa rem tersebut sehingga kembali berfungsi dengan baik," kata Asep, dikutip dari TribunJabar.id, Senin (5/6/2023).

Asep menyebutkan, kendala rem kembali muncul ketika mereka mulai turun di kawasan D'Castello. Meskipun kecepatan kendaraan hanya 30 km per jam, namun kondisi jalan menurun.

"Di turunan D'Castello, rem kendaraan mulai bermasalah, yaitu tiba-tiba rem mengeras dan tidak dapat diinjak," ujarnya.

Setelah rem tidak berfungsi, Asep meminta kondektur untuk memerintahkan penumpang untuk mundur ke belakang, dan mengosongkan tempat duduk di sebelah kanan.

"Saya mengingatkan para penumpang untuk tetap waspada dan mengurangi kemungkinan terluka dalam kecelakaan. Karena rem sudah tidak berfungsi, kemungkinan kendaraan akan sulit berhenti karena kondisi jalan menurun. Kendaraan baru akan berhenti jika menabrak sesuatu," jelasnya.

Untuk meminimalkan kemungkinan kecelakaan dengan korban jiwa yang banyak, Asep akhirnya menabrakan mobil ke pohon dan menyebabkannya terguling.

Baca Juga: Bus PO Haryanto Terbakar di Tol Cikarang Barat, Hari Ini Polisi Lakukan Pemeriksaan

"Saya dengan sengaja menabrakkan mobil ke pohon agar berhenti, karena jika tidak menabrak pohon, ada kemungkinan menabrak kendaraan lain yang bisa menyebabkan korban yang lebih banyak," tambahnya.

"Setelah menabrak pohon dan terguling, untungnya tidak ada korban jiwa yang terjadi, hanya beberapa penumpang mengalami luka ringan, termasuk diri saya sendiri," lanjutnya.

Akibat kecelakaan tersebut, bagian depan dan sisi kanan bus pariwisata mengalami kerusakan parah akibat terguling dan menabrak pohon.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Rem 'Ngebagel' Bus Pariwisata Berpenumpang 58 Orang Ditabrakan ke Pohon untuk Minimalis Korban

Editor : Dida Argadea
Sumber : TribunJabar.ID

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa