Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Transformer Beraksi di Karanganyar, Evakuasi Mitsubishi L300 Terperosok ke Sawah

Naufal Nur Aziz Effendi - Kamis, 25 Mei 2023 | 21:30 WIB
Aksi Transformer, kendaraan khusus milik Polres Karanganyar saat mengevakuasi Mitsubishi L300 yang terperosok ke sawah, Rabu (24/5/2023).
Dok. Pores Karangayar
Aksi Transformer, kendaraan khusus milik Polres Karanganyar saat mengevakuasi Mitsubishi L300 yang terperosok ke sawah, Rabu (24/5/2023).

GridOto.com - Kendaraan khusus (Ransus) Sat Samapta Polres Karanganyar, yang biasa dikenal dengan sebutan Transformer, mengevakuasi pikap Mitsubishi L300 yang terjebak di sawah wilayah Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (24/5/23) siang.

Berdasarkan keterangan di halaman resmi Polres Karanganyar, Mitsubishi L300 yang mengangkut air galon tersebut terperosok setelah kehilangan kendali akibat patah as roda depan.

Kapolres Karanganyar AKBP Jerrold H.Y Kumontoy melalui Kasat Samapta AKP Gatot Gondo Hartoyo mengungkapkan, pada awal kejadian, korban bernama Huda melaju dari lampu merah Koramil Tasikmadu Karanganyar menuju Kebakkramat.

Ketika sedang berbelok, bagian ball joint roda depan kiri patah dan mobil tersebut tidak bisa dikendalikan, sehingga terperosok ke dalam sawah.

"Tim SAR di lapangan yang dipimpin oleh Aiptu Jalaludin, menggunakan kendaraan khusus SAR Transformer, berhasil mengangkat pick up yang terperosok ke dalam sawah dengan bantuan relawan dan warga sekitar. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut dan pengemudi tidak mengalami luka yang serius," jelas AKP Gatot Gondo Hartoyo dalam keterangannya, Kamis (25/5/2023).

Sebagai informasi, kendaraan khusus Transformer Polres Karanganyar memang dibuat spesial dan khusus untuk berbagai keperluan darurat, misalnya evakuasi, pengangkatan barang, dan keperluan SAR saat terjadi bencana alam.

Yang paling menonjol dari truk ini adalah, lengan di bagian belakang yang bisa menjangkau lokasi curam, tinggi, atau jauh yang sulit dijangkau dengan tangan manusia.

Lengan tersebut bisa dikendalikan dan dipanjangkan hingga beberapa meter sesuai dengan lokasi sasaran.

Momen Transformer saat menyelamatkan kendaraan masuk jurang Dusun Jurang Kere, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (21/5/2022).
Dok. Polres Karanganyar
Momen Transformer saat menyelamatkan kendaraan masuk jurang Dusun Jurang Kere, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (21/5/2022).

Baca Juga: Polres Tasikmalaya Tak Musnahkan Knalpot Hasil Sitaan, Dibuat Patung Transformer Untuk Edukasi Warga

Kemudian, bodi truk Transformer juga tidak terlalu besar sehingga lincah di jalanan dan mampu melewati jalan-jalan yang tidak terlalu lebar.

Dikutip dari rilis di halaman Polres Karanganyar tanggal 26 Mei 2022, Ransus tersebut dioperasikan oleh personel Satuan Samapta.

Transformer mengambil basis truk Isuzu bermesin 4.570 cc lansiran 2016, lengan belakangnya memiliki kemampuan angkat atau tarik beban maksimal 1,5 ton.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa