Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MUDIK & LIBUR LEBARAN 2023

Kisah Peserta Mudik Gratis Lebaran 2023 Pemprov Jateng, Full Senyum Karena Bisa Irit Jutaan Rupiah

Naufal Nur Aziz Effendi - Jumat, 14 April 2023 | 17:05 WIB
Pemberangkatan peserta mudik gratis Lebaran 2023 Pemprov Jateng di Halaman Gedung Serba Guna, Medan, Kamis (13/4/2023).
jatengprov.go.id
Pemberangkatan peserta mudik gratis Lebaran 2023 Pemprov Jateng di Halaman Gedung Serba Guna, Medan, Kamis (13/4/2023).

GridOto.com - Ratusan perantau asal Jawa Tengah (Jateng) di Sumatera Utara terlihat gembira karena mengikuti program mudik gratis Lebaran 2023 yang disediakan Pemprov Jateng.

Pasalnya program ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk pulang kampung saat lubur Lebaran 2023, tetapi juga menghemat biaya transportasi hingga jutaan rupiah.

Seperti yanh dirasakan seorang perantau bernama Giyatmin, dengan membawa istri dan anaknya untuk ikut mudik gratis Pemprov Jateng tahun ini.

Giyatmin mengatakan, ia harus mengeluarkan biaya minimal Rp 3 juta untuk pulang ke kampung halamannya di Sragen.

“Kalau tidak ada mudik gratis ini, ya minimal habis Rp 3 juta untuk tiga orang. Itu naik bus dan hanya satu kali perjalanan, belum lagi nanti balik ke Medan lagi,” katanya saat pelepasan rombongan mudik gratis dari Pemprov Jateng, Medan Kamis (13/4/2023).

Ia menambahkan, mudik gratis ini menjadikan hari Raya Idul Fitri 1444 H sangat spesial bagi mereka. Terlebih, karena bisa berkumpul dengan keluarga di tanah kelahiran setelah tidak pulang selama 4 tahun.

Pesera mudik gratis lainnya bernama Suptihatin juga mengungkapkan hal yang sama. Awalnya Ia memperkirakan biaya transportasi untuk pulang ke Karangjati, Kabupaten Semarang dari Medan, sekitar Rp 800 ribu per orang.

“Alhamdulillah ini gratis. Kalau mudik sendiri biaya sekitar Rp 800 ribu per orang, karena itu sekarang saya pulang kampung bersama satu anak,” ujarnya.

Program mudik gratis ini membuat Suptihatin lebih hemat dan bisa mengalokasikan biaya yang seharusnya digunakan untuk transportasi, untuk berbagi dengan keluarga dan bahkan menabung untuk biaya sekolah.

Baca Juga: Pemotor Bisa Ikutan Mudik Gratis Kolinlamil TNI AL, Berangkatnya Asyik Naik Kapal Perang

Sebagai informasi, program mudik gratis ini diselenggarakan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk warga asal Jateng di Sumatera dengan mengerahkan 30 bus.

Rinciannya, 15 bus untuk Sumatera Utara, 5 bus untuk Sumatera Selatan, dan 10 bus untuk Lampung.

Pelaksanaannya dimulai dari Sumatera Utara dengan titik pemberangkatan di Halaman Gedung Serba Guna Medan, pada Kamis (13/4/2023), dengan jumlah peserta sebanyak 800 orang.

Sedangkan untuk Sumatera Selatan dan Lampung, program mudik gratis ini akan berlangsung pada Sabtu (15/4/2023) dengan titik kumpul di rest area Bandar Lampung dan diperkirakan ada sekitar 750 peserta.

Editor : Muhammad Ermiel Zulfikar
Sumber : jatengprov.go.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa