Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Potensi Bencana di Jalur Darat Kini Bisa Diketahui Pemudik, Tinggal Akses dari BNPB Ini

Naufal Nur Aziz Effendi - Kamis, 13 April 2023 | 11:51 WIB
Situs Peta Mudik Aman dari BNPB bisa diakses pemudik untuk mengetahui potensi bencana di jalur darat. (foto ilustrasi)
TribunJabar.id
Situs Peta Mudik Aman dari BNPB bisa diakses pemudik untuk mengetahui potensi bencana di jalur darat. (foto ilustrasi)

GridOto.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah meluncurkan peta mudik aman bencana sebagai strategi untuk menghadapi mudik lebaran 2023 dengan lebih aman.

Dalam keterangannya, Plt. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, menjelaskan bahwa peta ini memberikan informasi tentang potensi bahaya selama perjalanan mudik dengan jalur darat.

"Potensi bahaya tersebut seperti banjir, cuaca ekstrem, dan tanah longsor pada jalur atau wilayah yang dilalui para pemudik," ujar Abdul Muhari, dikutip dari Kompas TV, Rabu (12/4/2023).

Menurut Abdul Muhari, BNPB berharap para pemudik akan lebih siap dalam merencanakan perjalanan pulang kampung mereka dengan aman setelah menggunakan peta ini.

Peta mudik aman bencana ini bisa diakses masyarakat melalui tautan https://gis.bnpb.go.id/ yang mencakup wilayah Pulau Sumatra, Jawa, dan Bali.

tampilan muka situs peta mudik aman bencana lansiran BNPB.
gis.bnpb.go.id
tampilan muka situs peta mudik aman bencana lansiran BNPB.

"Peta ini menggunakan data dari inaRISK dan Bidang Pusat Data dan Sistem Informasi BNPB dan disajikan dengan skala 1:250.000," terangnya.

Informasi kejadian bencana yang ditampilkan pada peta ini merupakan agregat pada tiap kabupaten atau kota, sehingga dibutuhkan kebijaksanaan dalam membaca informasi yang tersedia.

Baca Juga: Tol Japek II Belum Diizinkan Dibuka Sebagai Jalur Mudik Lebaran 2023, Polisi Ungkap Alasannya

BNPB juga telah menyiagakan personel dan peralatan untuk menghadapi potensi bahaya hidrometeorologi basah, seperti banjir, tanah longsor, dan cuaca ekstrem.

Sementara untuk bahaya hidrometeorologi kering, seperti kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Abdul Muhari mengatakan pihaknya menyiagakan total 46 helikopter untuk penanganan karhutla pada 6 provinsi prioritas, di antaranya Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas TV dengan judul BNPB Rilis Situs Peta Mudik Aman, Pemudik Bisa Tahu Potensi Bencana di Jalur Darat

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa