Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Antisipasi Macet di Jalur Mudik Arteri Pantura, Polres Indramayu Siap Berlakukan Rekayasa One Way

Naufal Nur Aziz Effendi - Sabtu, 8 April 2023 | 11:45 WIB
Antisipasi kemacetan saat mudik Lebaran 2023, Polres Indramayu siapkan skema one way di jalur mudik arteri Pantura. (foto ilustrasi)
Tribunnews.com
Antisipasi kemacetan saat mudik Lebaran 2023, Polres Indramayu siapkan skema one way di jalur mudik arteri Pantura. (foto ilustrasi)

GridOto.com - Jalur arteri Pantai Utara Jawa (Pantura) di wilayah Indramayu, Jawa Barat, diprediksi akan mengalami kepadatan lalu lintas pada periode mudik Lebaran 2023.

Karena hal tersebut, Polres Indramayu sudah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas seperti one way dan sebagainya untuk mengurai kemacetan di jalur mudik Pantura.

Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar mengatakan, untuk rekayasa lalu lintas itu, pihaknya  sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dan tinggal menunggu arahan langsung dari Korlantas Polri.

"Kami masih menunggu kapan akan diberlakukan one way. Karena jika diberlakukan one way tentu ada jalan yang tidak bisa dilintasi," ujar Fahri, dikutip dari Tribuncirebon.com, Jumat (7/4/2023).

Polres Indramayu juga melakukan koordinasi dengan pengelola jalan tol untuk memantau kondisi arus kendaraan di dalam tol, termasuk apakah akan ada peralihan kendaraan untuk dialihkan via jalur arteri Pantura.

Jika berkaca pada momen mudik Lebaran sebelumnya, penumpukan kendaraan biasa terjadi di wilayah Pantura Cirebon, seperti di Palimanan dan Tegalgubuk.

Karenanya, Polres Indramayu akan berkoordinasi dengan Polresta Cirebon untuk rekayasa arus lalu lintas di titik tersebut.

Jika nantinya terjadi kepadatan di wilayah itu, arus kendaraan di Jalur Pantura dari arah Jakarta akan dialihkan masuk ke wilayah Indramayu Kota.

"Kemudian masuk ke wilayah Karangampel, Gunung Jati, dan masuk ke Cirebon Kota," ujar dia.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2023 via Jalur Pantura Indramayu, Waspadai 5 Titik Kemacetan Berikut Ini

AKBP M Fahri Siregar menyebut, pengaturan arus lalu lintas tersebut bersifat situasional.

Meski begitu, pihaknya juga sudah menyiapkan sarana dan prasarana dengan matang untuk kenyamanan dan kelancaran pemudik pada momen lebaran nanti.

"Dan insya Allah nanti kita juga akan melakukan rapat koordinasi terakhir untuk kelancaran momen mudik 2023," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Simak Pengaturan Arus Lalu Lintas Mudik Lebaran di Pantura jika Jalur Arteri Pantura Cirebon Macet

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa