Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jalur Mudik Pantura dan Tol Rawan Macet, Pemkab Pemalang Siapkan Jalan Alternatif

Naufal Nur Aziz Effendi - Jumat, 7 April 2023 | 15:05 WIB
Rawan macet saat arus mudik Lebaran, Pemerintah Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, menyiapkan jalan alternatif di jalur mudik Pantura dan Tol Pemalang-Batang.
TribunJateng.com/Budi Susanto
Rawan macet saat arus mudik Lebaran, Pemerintah Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, menyiapkan jalan alternatif di jalur mudik Pantura dan Tol Pemalang-Batang.

GridOto.com - Jalur mudik Pantai Utara Jawa (Pantura) di wilayah Pemalang, Jawa Tengah dan Tol Pemalang-Batang diprediksi akan mengalami kenaikan arus lalu lintas saat periode mudik Lebaran 2023.

Menurut Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Pemalang, Heri Firmantio, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah menyiapkan sejumlah jalan alternatif untuk mencegah kemacetan di kedua jalan tersebut.

"Antisipasi kemacetan pada arus mudik nanti, pemerintah sudah menyiapkan sejumlah jalur alternatif," ujar Heri, dikutip dari Kompas.com.

"Baik setelah Tol Gandulan Pemalang ataupun saat masuk pada gerbang selamat datang Pemalang pada perbatasan Tegal-Pemalang," imbuhnya, pada Kamis (6/4/2023).

Heri mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan dinas terkait dan kepolisian Polres Pemalang, terkait kelaikan jalan dan rambu-rambu pada sepanjang jalur alternatif.

Antisiapasi harus dilakukan, mengingat kepadatan arus mudik pada cuti bersama libur Lebaran 2023 diperdikasi sangat padat.

Ditambah lagi untuk saat ini, sepanjang jalan Pantura masih dalam proses perbaikan berupa pengecoran.

"Kelaikan jalan alternatif harus diprioritaskan, mengingat jalan Pantura saat ini sedang diperbaiki dan akan dibuka seluruhnya 10 hari sebelum Lebaran," jelasnya.

Adapun jalur alternatif Pantura Pemalang yang disiapkan, yaitu pada sisi barat perbatasan Pemalang-Tegal bisa melintas jalur Lawangrejo atau Jalan lingkar selatan (Jalingsel).

Baca Juga: Korlantas Polri Survei Jalur Mudik via Pantura, 5 Temuan Ini Harus Diwaspadai Pemudik

Sementara untuk yang keluar dari Tol Gandulan, bisa melintas pada jalur alternatif pertigaan Desa Tegalmelati atau depan Pom bensin.

"Meskipun jalur alternatif sudah ada, diimbau para pengguna jalan agar berhati- hati sebab masih banyak aspal yang rusak yang berkerikil," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Antisipasi Kemacetan Arus Mudik di Jalur Pantura dan Jalan Tol, Pemalang Siapkan Jalur Alternatif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa