Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MUDIK & LIBUR LEBARAN 2023

Dukung Arus Mudik Lebaran 2023, Pemerintah Tambah Fasilitas Rest Area dan SPKLU di Jalan Tol

Muslimin Trisyuliono - Selasa, 11 April 2023 | 11:45 WIB
Dukung arus lalu lintas, Kementerian PUPR tingkatkan fasilitas rest area dan SPKLU di jalan tol
Dok. Kementerian PUPR
Dukung arus lalu lintas, Kementerian PUPR tingkatkan fasilitas rest area dan SPKLU di jalan tol

GridOto.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) terus mendukung kelancaran arus lalu lintas guna mendukung mudik Lebaran 2023.

Seperti diketahui, jumlah pemudik pada Lebaran 2023 ini diprediksi mencapai 123,8 juta atau mengalami peningkatan 47 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Triono Junoasmono, mengatakan pihaknya telah menyiapkan jalan tol sepanjang 2.624 km dengan 70 ruas jalan tol yang dikelola oleh 49 BUJT.

"Kementerian PUPR juga memiliki 47.602 km jalan nasional dengan kemantapan 91,8 persen yang siap digunakan," ujar Triono dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/04/2023).

Triono menambahkan, terkait 11 ruas jalan tol yang akan difungsionalkan, masih ada beberapa hal yang perlu diantisipasi seperti kurangnya penerangan jalan, dan kurang lengkapnya fasilitas rest area.

"Misalnya Jalan Tol Cisumdawu yang akan kami fungsionalkan hanya dari pagi sampai siang hari karena memang belum lengkap. Tapi nanti di 11 ruas tersebut akan kami siapkan rest area sementara dengan fasilitas toilet, mobile BBM dan juga gardu makanan-minuman," ucap Triono.

"Kami juga akan menyiapkan rest area sementara di jalan tol Cikampek-Palimanan KM 81 A dan B. Mudah-mudahan dapat menampung traffic flow di jalan tol," tambahnya.

Dari pengalaman tahun sebelumnya yang berjalan lancar, Kementerian PUPR juga akan menambahkan 2.833 mobile toilet, sehingga secara total jumlah mobile toilet yang disiapkan ada sekitar 9 ribu.

Kementerian PUPR tambah mobile toilet di rest area guna mendukung mudik Lebaran 2023.
Dok. Kementerian PUPR
Kementerian PUPR tambah mobile toilet di rest area guna mendukung mudik Lebaran 2023.

Baca Juga: Kenali, Ini Bedanya Rest Area Tipe A, B dan C. Ada Minimum Jaraknya

Tak hanya itu, Kementerian PUPR juga menyediakan fasilitas tambahan berupa Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area di Pulau Jawa.

Tepatnya di KM 13 A jalur Jakarta-Merak, dan untuk jalur Jakarta-Probolinggo terdapat pada KM 6B, KM 208B, KM 389B, KM 456B, KM 519B, KM 616B, KM 207A, KM 379A, KM 519A, KM 626A, dan KM 695A.

Lalu dari arah Jakarta ke Merak, Kementerian PUPR bekerja sama dengan ASDP untuk menyediakan loket pembelian tiket ferry penyeberangan di rest area KM 43 dan KM 68.

"Dalam meningkatkan servis operasional jalan tol, kami menyiapkan layanan transaksi Mobile Reader supaya antrean tidak terlalu panjang. Gardu transaksi juga beroperasi penuh dan penyiagaan genset 24 jam," ucapnya.

Triono berharap dengan fasilitas jalan, jembatan serta dukungan lain yang sudah dilakukan dapat digunakan masyarakat dengan baik.

"Kami menghimbau juga untuk memperhatikan safety, jangan sampai jalan sudah baik, tapi speed limit kurang diperhatikan oleh pengendara. Kalau lelah bisa juga beristirahat di Posko Siaga yang kami siapkan baik di jalan tol maupun jalan non tol," tutupnya.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa