Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waspada Cuaca Terik Hari Ini , Berikut 6 Tips Berkendara Nyaman

Hendra - Minggu, 9 April 2023 | 11:57 WIB
Berkendara secara aman dan nyaman saat terik matahari
Ibnu/GridOto
Berkendara secara aman dan nyaman saat terik matahari

GridOto.com- Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), melalui laman Instagram resminya memprediksi paparan panas matahari terasa sangat panas pada Minggu ini (9/4/2023).

Hal ini diukur dengan melihat indeks ultraviolet (UV) sinar matahari yang tinggi.

Puncak sinar ultraviolet tinggi akan terjadi cukup lama dari pukul 10.00 hingga 13.00.

Secara bergantian, wilayan Indoensia bagian tengah, barat, dan timur, akan kebagian paparan sinar ultraviolet dengan status ekstrem.

Nah bagi pengendara motor agar tetap waspada berkendara pada siang hari. 

Terlebih bagi sobat yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Berikut tips aman dan nyaman bagi pengendara motor yang beraktivitas siang ini.

  1. Kenakan perlindungan yang sesuai: Saat berkendara di bawah terik matahari, sebaiknya pengendara motor mengenakan helm yang baik dan pakaian yang menutupi seluruh tubuh. Gunakan baju berbahan ringan dan bernafas yang dapat membantu mendinginkan suhu tubuh Anda.

  2. Gunakan sunscreen: Sinar matahari yang kuat dapat menyebabkan kulit terbakar dan merusak kulit. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan krim pelindung matahari atau sunscreen pada kulit yang terpapar sinar matahari.

  3. Gunakan kacamata hitam: Gunakan kacamata hitam atau helm dengan visor matahari untuk membantu mengurangi silau yang ditimbulkan oleh sinar matahari yang terik.

  4. Kurangi kecepatan motor: Saat berkendara di bawah sinar matahari yang terik, pengendara sebaiknya mengurangi kecepatan motor agar dapat lebih fokus dan siap merespons kondisi jalan yang tidak terlihat dengan jelas.

  5. Jaga jarak dengan kendaraan di depan: Saat terik matahari, jarak pandang pengendara motor dapat berkurang, sehingga penting untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan agar dapat bereaksi dengan cepat jika terjadi situasi yang tidak diinginkan.

  6. Berhenti dan istirahat: Jika merasa lelah atau tidak nyaman saat berkendara di bawah terik matahari, sebaiknya berhenti sejenak untuk beristirahat dan menenangkan diri. Luangkan waktu beberapa menit untuk menenangkan diri sebelum melanjutkan perjalanan.

    Baca Juga: Punya Postur Bersahabat, Begini Asyiknya Naik Kawasaki KLX150 S 

    Sebagian dari artikel ini dibuat dengan bantuan kecerdasan buatan (artifical intelligence-AI)

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa