Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Libur Panjang Jumat Agung 2023, Lebih dari 300 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek Lewat Tol

Muhammad Ermiel Zulfikar - Sabtu, 8 April 2023 | 22:35 WIB
Ilustrasi. Gerbang Tol Cikampek Utama  diserbu kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek selama periode libur Jumat Agung 2023.
Dok. Jasa Marga
Ilustrasi. Gerbang Tol Cikampek Utama diserbu kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek selama periode libur Jumat Agung 2023.

GridOto.com - Volume lalu lintas di sejumlah ruas tol terpantau PT Jasa Marga (Persero) alami kenaikan selama libur panjang Jumat Agung 2023, terhitung mulai Kamis (6/4) hingga Jumat (7/4) kemarin.

Lebih dari 300 ribu kendaran tercatat melintas di jalan tol untuk meninggalkan wilayah Jabodetabek, naik sebesar 7,07 persen jika dibandingkan lalu lintas normal.

Angka tersebut merupakan data kumulatif dari arus lalu lintas di empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa, GT Ciawi, GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama.

"Jasa Marga mencatat sebanyak 315.857 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-1 sampai dengan Hari H Jumat Agung Tahun 2023," ujar Lisye Octaviana, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga lewat keterangan tertulis, Sabtu (8/4).

Adapun distribusi lalu lintas yang meninggalkan Jabodetabek, sebagian besar menuju ke arah Timur atau Tol Trans Jawa dan Bandung sebanyak 165.010 kendaraan.

Untuk rinciannya, sebanyak 57.044 kendaraan tinggalkan Jabotabek menuju Tol Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Sisanya yakni 107.966 kendaraan, menuju ke arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama dengan kenaikan sebesar 56,8 persen dari lalu lintas normal.

"Volume kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut, naik sebesar 29 persen dari lalu lintas normal," tutur Lisye lagi.

Kemudian distribusi lalu lintas yang meninggalkan Jabodetabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa sebanyak 81.240 kendaraan, lebih rendah sebesar 16,9 persen dari lalin normal.

Baca Juga: Kenali, Ini Bedanya Rest Area Tipe A, B dan C. Ada Minimum Jaraknya

Sementara untuk distribusi lalu lintas yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi, sebanyak 69.607 kendaraan.

"Naik sebesar 0,5 persen dari lalu lintas normal," pungkas Lisye.

Jasa Marga pun mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum masuk tol.

Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, pastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa