Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MUDIK & LIBUR LEBARAN 2023

Lancarkan Mudik Lebaran 2023, Ada 6 Ruas Tol di Jawa dan 4 di Sumatera akan Dibuka Secara Fungsional

Muslimin Trisyuliono - Sabtu, 8 April 2023 | 12:00 WIB
Kesiapan mudik lebaran 2023, Kementerian PUPR fungsionalkan 6 ruas Tol di Jawa dan 4 di Sumatera.
Dok. Kementerian PUPR
Kesiapan mudik lebaran 2023, Kementerian PUPR fungsionalkan 6 ruas Tol di Jawa dan 4 di Sumatera.

GridOto.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, akan fungsionalkan 6 ruas tol di Jawa dan 4 di Sumatera, untuk mendukung kelancaran mudik Lebaran 2023.

Adapun pihaknya akan memfungsikan sementara 6 ruas jalan tol baru di Jawa sepanjang 87 km, meliputi Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4-6, dan ruas Cimalaka–Dawuan sepanjang 28,2 km.

Saat ini Tol Cisumdawu Seksi 1,2,dan 3 telah beroperasi normal dengan lebar 4 lajur, sedangkan Seksi 4,5,dan 6 baru akan dibuka secara fungsional.

"Tol Cisumdawu akan mempersingkat waktu tempuh dari Cileunyi sampai Dawuan. Sehingga orang dari Bandung mau ke Semarang tidak perlu ke Cikampek, tapi bisa langsung melalui Dawuan," ujar Basuki dalam keterangannya, Jumat (07/04/2023).

"Pemudik dari Selatan yang mau ke Utara Jawa Barat tidak perlu melalui Cikampek, sehingga sangat membantu untuk mengurai kemacetan," sambungnya.

Lanjut menurutnya, saat ini tengah dilakukan penanganan pada titik longsor di Seksi 5 Tol Cisumdawu, sehingga akan dibuka 2 lajur dan diberlakukan pengaturan lalu lintas dan ditargetkan penganan longsor selesai 15 April 2023.

Sementara ruas jalan tol baru yang akan difungsionalkan guna mendukung mudik Lebaran adalah Jalan Tol Ciawi–Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak (11,9 km), dan Tol Solo–Yogyakarta–NYIA Kulon Progo untuk sebagian Seksi 1.1 sepanjang 6,1 km.  

Jalan tol fungsional selanjutnya adalah ruas Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 dari Simpang Susun (SS) Sadang – SS Kutanegara (28,7 km), Tol Cimanggis–Cibitung Seksi 2A Jatikarya–Cikeas (3,5 km), dan Tol Pasuruan–Probolinggo Seksi 4A Probolinggo Timur–IC Gending (8,6 km).

Baca Juga: Menteri PUPR Pastikan Jalan Tol Solo-Klaten Akan Dibuka Fungsional saat Mudik Lebaran 2023

Selanjutnya di Pulau Sumatera terdapat 4 ruas tol berpotensi untuk dibuka fungsional, yakni Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi Segmen Tebing Tinggi–SS Inderapura (28,5 km), dan Segmen Dolok Merawan–Sinaksak (15,6 km).

Kemudian Tol Sigli–Banda Aceh Seksi 5–6 Blang Bintang–Baitussalam (12,7 km), Tol Binjai–Langsa Seksi 2 Stabat–Jalan Proklamasi (7,2 km), Simpang Indralaya–Muara Enim, Seksi Simpang Indralaya–Prabumulih (63,5 km).

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa