Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jadi Jalur Mudik Alternatif, Jalan Pansela Sepanjang 112 Kilometer di DIY Kondisinya Mulus

Naufal Nur Aziz Effendi - Sabtu, 8 April 2023 | 09:03 WIB
Jalur Pansela sepanjang 112 kilometer di DIY bisa jadi jalur mudik Lebaran 2023 alternatif.
Kompas.com
Jalur Pansela sepanjang 112 kilometer di DIY bisa jadi jalur mudik Lebaran 2023 alternatif.

GridOto.com - Jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) sepanjang 112 kilometer di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bisa dijadikan jalur mudik Lebaran 2023 alternatif.

Direktur Pembangunan Jalan Ditjen Bina Marga Satrio Sugeng Prayitno mengatakan, saat ini Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah-DIY mengebut empat paket pekerjaan sehingga dapat dituntaskan sebelum Lebaran.

"Jadi saat ini ada empat pekerjaan preservasi sedang berjalan. Jadi kesiapan 262 kilometer siap untuk menyambut kegiatan jalur mudik. Termasuk 112 kilometer Pansela yang telah tertangani di DIY bisa menjadi alternatif," ujar Satrio, dikutip dari TribunJogja.com, Jumat (8/4/2023).

Empat paket pekerjaan di DIY yang dikebut meliput rekonstruksi jalan Bts Wates-Milir-Sentolo, rehabilitasi dan pelebaran Jalan Karangnongko-Yogyakarta-Prambanan.

Lalu preservasi Jalan Yogyakarta-Wonosari-Duwet, dan preservasi Jalan Yogyakarta-Tempel-Pakem-Prambanan-Yogyakarta.

Satrio mengatkaan, keseluruhan ruas dipastikan bebas lubang dan mulus supaya bisa meminimalisir kecelakaan jalanan yang disebabkan oleh kondisi jalan.

"Untuk penanggulangan lubang agar zero hole sudah kami laksanakan, saat ini teman-teman sudah bekerja semua dan H-14 harapannya sudah tidak ada lubang di seluruh jalan di Daerah Istimewa Yogyakarta” jelasnya.

Pihaknya memastikan kondisi jalan mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik saat hari raya.

Lalu Jembatan Kretek II yang menghubungkan dua ruas jalan Kretek-Samas dan Poncosari-Greges yang sudah dibuka pada Januari 2023 lalu, diharapkan juga dapat menunjang kelancaran mudik Lebaran.

Baca Juga: Lewat Jalur Pansela Makin Nyaman, Pemerintah Bangun Jembatan Kretek 2 dan Rest Area Girisubo Swanayasa

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti mengungkapkan, Pemda DIY saat ini tengah memperbaiki kerusakan di Jembatan Glagah yang berada di jalur Pansela wilayah Kabupaten Kulonprogo.

Jembatan tersebut dipastikan belum bisa dilintasi saat mudik Lebaran 2023, maka dari itu para pemudik direkomendasikan melintasi melewati jalan nasional atau jembatan Soni di Kapanewon Wates.

"Kami rekomendasikan lewat jalan nasional. Kalau jalan rusak lainnya sepanjang masih dilalui masih dilalui kendaraan roda empat, itu masih kita rekomendasikan hanya kita kasih rambu dan pengaturan secara spot," katanya.

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul JJLS Sepanjang 112 Kilometer di DI Yogyakarta Siap Dijadikan Jalur Alternatif Mudik Lebaran,

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa