Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sebelum Mudik ke Kabupaten Tasikmalaya, Simak Dulu Rekayasa Lalu Lintas yang Diberlakukan Polisi

Naufal Nur Aziz Effendi - Kamis, 6 April 2023 | 12:02 WIB
Rekayasa lalu lintas akan diterapkan polisi di Kabupaten Tasikmalaya pada arus mudik Lebaran 2023, berikut rinciannya.
TribunJatim.com/Hanif Manshuri
Rekayasa lalu lintas akan diterapkan polisi di Kabupaten Tasikmalaya pada arus mudik Lebaran 2023, berikut rinciannya.

GridOto.com - Arus lalu lintas yang melintasi Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat diprediksi mengalami kepadatan pada arus mudik Lebaran 2023.

Penyebabnya, wilayah Kabupaten Tasikmalaya akan dilintasi dua arus lalu lintas via jalur Gentong di utara dan jalur Singaparna di selatan.

Karena hal tersebut, pihak kepolisian pada Operasi Ketupat Lodaya 2023 akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk para pemudik yang melintasi Kabupaten Tasikmalaya.

Kasatlantas Polres Tasikmalaya AKP Abdhi Hendriyatna mengatakan, untuk pemudik yang hendak berangkat dari Kota Tasikmalaya, jalur selatan akan menjadi jalur alternatif jika terjadi kepadatan di jalur utara.

“Jalur alternatif yang dari arah Kota Tasikmalaya menuju ke arah Kabupaten Garut ataupun ke arah Kota Bandung, apabila terjadi stuck atau crowded di Ciawi atau Limbangan, maka kami lakukan pengalihan arus ke arah Jalan Cisinga (Ciawi-Singaparna) ataupun Padakembang,” tutur Abdhi.

Rekayasa juga diberlakukan bagi pemudik yang hendak memasuki atau melintas wilayah Kabupaten Tasikmalaya dari arah Kabupaten Garut menuju Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, atau Kabupaten Pangandaran

Menurut Abdhi, nantinya arus lalu lintas akan dialihkan ke jalur Ciherang atau jalur Singaparna jika terjadi crowded di Kabupaten Garut (Limbangan dan Jalan Cagak).

"Apabila terjadi kepadatan dari arah Kabupaten Garut, maka arus lalu lintas yang dari Singaparna kami lakukan penahanan arus lintas sementara. Jadi kami prioritaskan pengendara yang dari arah Kabupaten Garut terlebih dahulu,” jelas Abdhi.

Sebaliknya, jika kepadatan terjadi dari arah Singaparna, akan dilakukan penahanan arus lalu lintas sementara di titik Pos Terpadu Tapal Kuda Kecamatan Salawu, Tasikamalaya.

Baca Juga: Polri Resmi Berlakukan One Way pada Arus Mudik Lebaran 2023, Catat Jadwal dan Lokasinya 

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa