Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pejabat Pemprov Riau Sudah Terima Toyota bZ4X Buat Kendaraan Dinas, Harganya Rp 1,3 Miliar Per Unit

Ruditya Yogi Wardana - Rabu, 5 April 2023 | 14:14 WIB
Penyerahan delapan unit Toyota bZ4X kepada para pejabat di lingkungan Pemprov Riau, Senin (03/04/2023).
Dok. Pemprov Riau
Penyerahan delapan unit Toyota bZ4X kepada para pejabat di lingkungan Pemprov Riau, Senin (03/04/2023).

GridOto.com - Sebanyak delapan pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, diketahui sudah menerima kendaraan dinas baru berupa Toyota bZ4X, pada Senin (03/04/2023) lalu.

Adapun pengadaan kendaraan dinas Toyota bZ4X ini mengambil Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau 2023, dengan total pengeluaran sebanyak Rp 10,4 miliar.

Untuk delapan pejabat Pemprov Riau yang mendapatkan Toyota bZ4X tersebut antara lain Gubernur Riau, Wakil Gubernur Riau, Sekda Riau dan Ketua DPRD Riau.

Kemudian Kapolda Riau, Kejaksaan Tinggi Riau, Komandan Landasan Udara Roesmin Nurjadin dan Badan Penghubung yang ada di Jakarta juga ikut mendapatkan mobil listrik bikinan Toyota ini.

Gubernur Riau, Syamsuar menyampaikan pembelian mobil listrik untuk kendaraan dinas itu dilakukan sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tepatnya, untuk menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

"Di Jakarta sudah jelas kalau mobil listrik bisa lolos ganjil genap dan bisa masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII), jadi nantinya Badan Penghubung yang ada di Jakarta bisa memanfaatkan untuk melakukan tugas dinasnya," ungkap Syamsuar, dikutip dari Kompas.com, Senin (03/04/2023).

Selain menindaklanjuti Inpres Nomor 7 Tahun 2022, ia menyebut pembelian delapan unit bZ4X ini juga sejalan dengan program 'Riau Hijau'.

Dengan begitu para pejabat di lingkungan Pemprov Riau bisa memberikan contoh, agar masyarkat ikut berperan dalam pengurangan emisi karbon di wilayah Riau.

"Polusi dari mobil dan motor konvesional sangat berpengaruh, ditambah mobil listrik juga jadi upaya penghematan energi," imbuh Syamsuar.

Editor : Fendi
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa