Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MUDIK & LIBUR LEBARAN 2023

BPJT Tambah Lagi 13 Jalan Tol yang akan Beroperasi Hingga Akhir 2023, Cek Daftar Lengkapnya

Ruditya Yogi Wardana - Kamis, 30 Maret 2023 | 09:00 WIB
Ilustrasi jalan tol.
Dok. BPJT
Ilustrasi jalan tol.

GridOto.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dikabarkan menambah sebanyak 13 jalan tol, yang akan dioperasikan hingga akhir 2023 mendatang.

Dengan adanya tambahan 13 jalan tol ini, maka panjang tol yang dioperasikan di Indonesia akan bertambah sepanjang 309,8 Km pada akhir 2023.

"Hingga akhir 2023, jalan tol yang beroperasi akan bertambah lagi sepanjang 309,8 Km," ujar Kepala BPJT, Danang Parikesit, dikutip dari Kompas.com, Selasa (28/03/2023).

Berdasarkan data yang sudah dihimpun, tercatat sudah ada tiga jalan tol baru yang sudah beroperasi per Maret 2023.

Rinciannya yakni Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2, Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 2A dan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3A dengan total bentang sejauh 24,39 Km.

Kemudian ditambah 13 jalan tol tambahan yang akan dioperasikan hingga akhir 2023, yakni Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4 hingga Seksi 6, Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 dan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 4.

Lalu ada Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2, Tol Serpong-Cinere Seksi 2, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 serta Seksi 6 serta Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Prapat Seksi 1 dan Seksi 2.

Selanjutnya ada Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A, Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 dan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1 B.

Hingga Tol Kisaran-Tebing-Tinggi, Tol Binjai-Langsa dan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih yang juga akan dioperasikan pada 2023.

Baca Juga: Prediksi Titik Kemacetan Imbas Dibuka Fungsional Jalur Mudik Tol Yogyakarta-Solo, Dishub Siapkan Antisipasi

Selain target 2023, BPJT juga sudah membocorkan target pengoperasian 9 jalan tol dengan total bentang mencapai 262,41 Km pada 2024 mendatang.

Untuk rinciannya mulai dari Tol Kayu Agung-Palembang-Betung, Tol Padang-Pekanbaru, Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 1 dan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Prapat Seksi 3 serta Seksi 4.

Ditambah Tol Serang-Panimbang Seksi 2, Tol Yogyakarta-Solo Seksi 2, Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1 hingga Tol Akses Ibu Kota Negara (IKN).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Daftar 13 Jalan Tol yang Bakal Dioperasikan Tahun Ini.

Editor : Hendra
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa