Prediksi Titik Kemacetan Imbas Dibuka Fungsional Jalur Mudik Tol Yogyakarta-Solo, Dishub Siapkan Antisipasi

Naufal Nur Aziz Effendi - Kamis, 30 Maret 2023 | 07:23 WIB

Dishub Klaten memprediksi lokasi titik kemacetan imbas dibuka fungsional Tol Yogayakrta-Solo saat mudik Lebaran 2023. (Naufal Nur Aziz Effendi - )

GridOto.com - Tol Yogyakarta-Solo akan dibuka fungsional saat mudik Lebaran 2023.

General Manager Lahan dan Utilitas PT Jogja-Solo Marga Makmur (JMM), Muhammad Amin mengatakan, pembukaan fungsional Tol Yogyakarta-Solo akan dilakukan mulai STA 1 hingga STA 6 atau sepanjang 6 kilometer.

Pembukaan dilakukan secara fungsional untuk mengurai kemacetan arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

"Nanti buka fungsional saja, kalau setelah momen mudik dan arus balik selesai ditutup lagi untuk melanjutkan pengerjaan," ucapnya, dikutip dari TribunJogja.com, Kamis (30/3/2023).

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten memprediksi wilayah Tegalondo, Kecamatan Wonosari, akan menjadi titik kemacetan imbas penumpukan kendaraan yang keluar dari Tol Yogyakarta-Solo.

Karena hal tersebut, Dishub Klaten berencana menambah posko mudik untuk mengurai kepadatan kendaraan yang mengarah ke Kota Klaten atau Yogyakarta.

"Kita sudah melihat-lihat potensi kepadatan kendaraan saat arus mudik. Kita akan perkuat perbatasan, di Tegalgondo perbatasan Sukoharjo dan Boyolali," ucap Kepala Dishub Klaten, Supriyono, Rabu (29/3/2023).

Supriyono menjelaskan, Tol Yogyakarta-Solo yang akan difungsikan untuk jalur mudik 2023 berawal dari Kartasura, Sukoharjo hingga Sawit, Boyolali.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian serta Pemkab Sukoharjo dan Boyolali terkait penanganan kepadatan lalu lintas.

Baca Juga: Jalur Mudik ke Yogyakarta via Kulon Progo Dalam Kondisi Baik, Tapi Harus Waspada Karena Ada Titik Perbaikan