Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Semakin Keterlaluan, Sumatera Cup Prix 2023 Malah Dipentas di 5 Kota

Eka Budhiansyah - Senin, 20 Maret 2023 | 16:46 WIB
Sumatera Cup Prix 2023 pentas di lima kota di Pulau Sumatera
Eka
Sumatera Cup Prix 2023 pentas di lima kota di Pulau Sumatera

GridOto.com - Sumatera Cup Prix 2023 alias SCP 2023 akan kembali dipentas di tahun ini untuk bisa dinikmati para pembalap di Pulau Sumatera.

Sumatera Cup Prix 2023 menjadi tahun ke-5, sejak penyelenggaraan pertama di 2017.

Maka itu, Sumatera Cup Prix 2023 dipentas dengan konsep yang lebih keterlaluan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Sesuai dengan tagline yang diusung #scpketerlaluan, maka itu pihak penyelenggara ingin membuat SCP 2023 semakin heboh.

"Tahun ini kami mengusung logo dan banyak juga sponsor baru. Maka itu kami berharap SCP semakin keterlaluan di 2023. Karena ada beberapa tempat baru dan konsep baru," ujar Darmawansyah selaku penyelenggara SCP dari Dragon Event Organizer asal Jambi.

Menurut pria ramah yang justru lebih akrab disapa Mawan Dragon ini, setidaknya ada 10 kota yang mengajukan untuk menjadi tempat penyelenggaraan SCP 2023.

"Ada 10 kota yang mengajukan, tapi dipertimbangkan lagi. Banyak aspek yang menjadi pertimbangan, seperti halnya jarak dan lainnya," ucap Mawan Dragon yang juga mantan pembalap road race ini.

Mengusung slogan Energy Of Sumatera, SCP juga mempertimbangkan biaya balap yang setidaknya dikeluarkan para tim-tim dalam satu tahun.

Akan menjadi kasihan bagi para pemilik tim jika terlalu banyak kota penyelenggaraan dengan jarak yang sangat berjauhan.

Baca Juga: Salah Satu Pantangan Test Rider MotoGP, Tak Boleh Terlalu Jujur ke Pembalap Utama

Pasalnya, biaya balap juga akan menjadi besar diluar dari ajang Kejurnas MotorPrix diluar SCP yang harus diikuti.

Maka itu, untuk mengkompensasi biaya balap dan juga membantu tim-tim, SCP 2023 juga mengusung konsep baru.

“Juara di putaran pertama akan dibebaskan biaya pendaftaran di putaran selanjutnya. Kebijakan ini berlaku hingga ajang grand final," aku Arissandro yang juga penyelenggara Sumatera Cup Prix dari Arisandro Management ini.

"Dengan kebijakan ini, harapan kami juga bisa membantu untuk meringankan biaya balap untuk tim-tim," tambah pria yang sejatinya dikenal sebagai MC balap ini.

Belum lagi, SCP 2023 juga akan membuat dua juara umum di tahun ini.

"Nantinya akan ada juara umum. Yaitu, Best Rider SCP dan juga Best Rider Indonesia," kompak Arissandro dan Mawan Dragon yang founder Sumatera Cup Prix ini.

Hal ini dilakukan lantaran nyatanya SCP tidak hanya diikuti oleh pembalap asal Sumatera saja, tetapi juga diluar region seperti Pulau Jawa dan lainnya. 

"Saya berharap dengan banyaknya event seperti ini, kedepannya bisa membawa para pembalap berprestasi hingga ke kancah balap internasional," harap Eddy Saputra selaku Direktur Olahraga Roda Dua PP IMI yang hadir di acara launching SCP 2023 ini.

Nah, maka itu kebijakan untuk SCP 2023 pentas di 5 kota besar di Pulau Sumatera dinilai sudah mempertimbangkan banyak faktor.

Walaupun, tentunya baik pembalap dan sponsor juga inginkan jumlah event menjadi lebih banyak lagi.

Baca Juga: Kena Penalti Lalu Dibatalkan di F1 Arab Saudi 2023, Baru Lima Bulan Lalu Fernando Alonso Mengalami Kejadian Serupa

Itu karena selain pembalap bisa menambah jam terbang, bagi sponsor juga merasa tepat untuk 'membakar' uang di ajang SCP.

"Dengan SCP seperti jodoh. Ini salah satu nilai yang positif bagi kami, karena event ini booming sejak awal dipentas," ungkap Rio Tan dari PT. Enwan Multi Partindo (EMP) sebagai distributor RCB di Indonesia.

Nah, biar Sobat enggak penasaran dengan lima kota penyelenggaraan SCP 2023, simak nih:

SCP 2023

1. 11 Juni 2023 - Padang (Lanud - Sumatera Barat)

2. 23 Juli 2023 - Bangkinang (Riau)

3. 27 Agustus 2023 - Batanghari (Jambi)

4. 24 September 2023 - Siak (Riau)

5. 19 November 2023 - Zabaq (Jambi)

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa