Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Terungkap, Ini Alasan Toyota Agya 2023 Hadir Varian Non-LCGC

Wisnu Andebar - Selasa, 21 Februari 2023 | 12:15 WIB
All New Toyota Agya GR Sport kini tidak masuk segmen LCGC
Wisnu/GridOto.com
All New Toyota Agya GR Sport kini tidak masuk segmen LCGC

GridOto.com - Toyota Agya 2023 secara resmi telah melakukan debut globalnya di Indonesia, pada Senin (13/2/2023) lalu.

Berbeda dari model sebelumnya yang hanya bermain di segmen Low Cost Green Car (LCGC), Toyota Agya generasi kedua kini hadir dengan varian non-LCGC.

Walaupun belum diumumkan secara detail mengenai varian yang akan hadir, untuk tipe GR Sport dipastikan tidak lagi menyandang gelar sebagai 'mobil murah'.

Hal ini secara otomatis membuat All New Toyota Agya GR Sport akan berhadapan langsung dengan Honda Brio RS, yang lebih dulu memisahkan diri dari segmen LCGC.

Lantas apa alasan Toyota membuat varian non-LCGC pada Agya generasi terbaru?

Menurut Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy, hadirnya versi non-LCGC pada Agya terbaru karena melihat adanya pasar dan permintaan dari konsumen.

"Selama ini kan konsumen membeli Agya hanya LCGC, mungkin di atasnya kami punya Yaris tapi jaraknya cukup besar," ujar Anton saat berada di Jakarta Pusat belum lama ini.

Anton mengungkapkan, Agya GR Sport diharapkan nantinya dapat bersaing di segmen small hatchback atau city car yang lebih dulu diisi oleh Honda Brio RS.

"Kami merasa di segmen hatchback ini enggak bisa ditinggalkan juga. Kami harapkan ini bisa memenuhi kebutuhan di segmen yang saat ini kosong bagi Toyota," tuturnya.

Baca Juga: Harga Toyota Agya 2023 Belum Diumumkan, Cek Dulu Harga Pesaingnya Honda Brio Februari 2023

Terlebih lagi, dijelaskan oleh Anton bahwa Toyota Indonesia mendapatkan dukungan penuh dari prinsipal Jepang untuk mengembangkan produk GR Sport di Tanah Air.

"Produk GR Sport tidak hanya sekadar kosmetik, tapi dari performa seperti supension tuning, steering tuning itu sangat bagus," paparnya.

"Kami sudah melakukan test drive di internal, kalau dibandingkan antara GR Sport dan non-GR Sport itu performa sangat berbeda, jadi gaya dari mengemudi poduk ini sangat berbeda," pungkasnya.

Sekadar info, dapur pacu Toyota Agya terbaru mengusung mesin yang sama dengan Raize berkode WA-VE dengan kubikasi 1.200 cc tiga silinder Dual VVT-i.

Mesin tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga 86,7 dk pada 6.000 rpm dan torsi 112,9 Nm pada 4.500 rpm.

Tenaga dari mesin disalurkan melalui transmisi CVT (Continously Variable Transmission) ke roda depan alias Front Wheel Drive (FWD).

Mengingat unit yang diperkenalkan saat ini masih bersifat prototype, sehingga untuk harga jual saat ini belum diumumkan.

Kabarnya peluncuran dan informasi detail mengenai Toyota Agya terbaru akan dilakukan dalam waktu dekat.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa