Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pakai Platform Baru dan Mesin Raize, Dimensi Toyota Agya Generasi Terbaru Kini Lebih Besar

Wisnu Andebar - Senin, 13 Februari 2023 | 17:35 WIB
All New Toyota Agya kini memiliki dimensi lebih besar
Wisnu/GridOto.com
All New Toyota Agya kini memiliki dimensi lebih besar

GridOto.com - Resmi melakukan debut globalnya pada Senin (13/2/2023) hari ini, Toyota Agya generasi terbaru mengalami banyak perubahan dan salah satunya adalah dimensi.

Toyota Agya generasi terbaru kini memiliki dimesi yang lebih besar namun tetap kompak, berkat advanced all-new platform yang diusungnya.

"Jadi memang ada banyak perubahan, mulai dari mesin, transmisi, suspensi pun, sampai platform juga baru," jelas Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) saat acara peluncuran.

Dimensi generasi kedua Toyota Agya ini memiliki panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.505 mm dan wheelbase atau jarak sumbu roda  2.525 mm.

Sebagai perbandingan, Toyota Agya generasi sebelumnya memiliki dimensi panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1.520 mm dan jarak sumbu roda 2450 mm.

Bergeser ke dapur pacu, Toyota Agya terbaru mengusung mesin yang sama dengan Raize berkode WA-VE dengan kubikasi 1.200 cc tiga silinder Dual VVT-i.

Toyota Raize dengan mesin 1.200 cc
Dok. Toyota
Toyota Raize dengan mesin 1.200 cc


Mesin tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga 86,7 dk pada 6.000 rpm dan torsi 112,9 Nm pada 4.500 rpm

Tenaga dari mesin disalurkan melalui transmisi CVT (Continously Variable Transmission) ke roda depan alias Front Wheel Drive (FWD).

"Meskipun mesin sama dengan Raize, tapi akan mendapatkan tuning yang berbeda," papar Toshihiro Nakaho, Executive Chief Engineer Toyota Motor Corp Toshihiro Nakaho.

Baca Juga: Jangan Panggil LCGC Lagi, Toyota Agya Generasi Terbaru Siap Lawan Honda Brio RS

Nakaho mengklaim mesin tiga silinder memiliki kelebihan, yakni lebih hemat BBM dan memproduksi torsi lebih tinggi dibandingkan mesin empat silinder dengan volume sama.

Karakter torsi kuat didapatkan sejak putaran mesin rendah, sehingga akselerasi lebih cepat dari model sebelumnya tanpa mengorbankan konsumsi bahan bakar.

Mengingat unit yang diperkenalkan saat ini masih bersifat prototype, sehingga untuk harga jual saat ini belum diumumkan.

"Untuk detailnya nanti kami akan jelaskan pada saat launching resmi, kan sekarang perkenalan modelnya dulu," pungkas Henry.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa