Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dorong Jumlah Bengkel Konversi Motor Listrik, Ini Langkah yang Dilakukan Kemenhub

Muslimin Trisyuliono - Jumat, 10 Februari 2023 | 21:10 WIB
Ilustrasi bengkel konversi
Harun/GridOto.com
Ilustrasi bengkel konversi

GridOto.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar pameran kendaraan listrik, sebagai ajang sosialisasi dan edukasi tentang bengkel konversi kendaraan listrik khususnya untuk roda dua.

Kegiatan ini digelar di Pusat Pemerintahan Provisi Banten, Kota Serang, dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2023.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Hartanto, mengatakan jumlah bengkel motor konversi yang telah memenuhi syarat dan tersertifikasi saat ini sebanyak 21 bengkel yang sebagian adalah pelaku UMKM.

"Kami memanfaatkan momentum Gernas BBI di Banten, yang cukup banyak dihadiri oleh pelaku UMKM. Untuk menyampaikan informasi terkait tata cara dan syarat menjadi bengkel konversi yang tersertifikasi," ujar Hartanto dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/02/2023).

Seperti diketahui, Kemenhub telah mengeluarkan dua Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) terkait konversi kendaraan dari penggerak bahan bakar minyak (BBM) ke energi listrik berbasis baterai.

Adapun kedua Permenhub tersebut yakni, Permenhub No.65 Tahun 2020 tentang konversi motor dan Permenhub No.15 Tahun 2022 tentang konversi kendaraan lainnya.

Untuk itu, Hartanto mengungkapkan pihaknya akan terus mendorong pertumbuhan jumlah bengkel konversi yang tersertifikasi.

Baca Juga: Nyicip Konversi Motor Listrik Yamaha Mio GT Garapan RWIN Development, Tes Akselerasi dan Handling 

Selain itu, Kemenhub melakukan kerja sama dengan sejumlah produsen otomotif dalam menggelar pameran kendaraan listrik, seperti Selis, Gelora E, Grab Electric, United Motor dan Elders.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin masyarakat lebih aware (sadar) terhadap keunggulan dan manfaat penggunaan kendaraan listrik," ucap Hartanto.

Sekaligus menjelaskan dari sisi aspek keselamatan dan keamanan, agar masyarakat semakin percaya diri untuk menggunakan motor konversi.

Kemenhub mengapresiasi Pemprov Banten yang turut berkontribusi membangun ekosistem kendaraan listrik.
Dok.Kemenhub
Kemenhub mengapresiasi Pemprov Banten yang turut berkontribusi membangun ekosistem kendaraan listrik.

Melalui kegiatan ini, Kemenhub juga mengapresiasi Pemprov Banten yang turut berkontribusi membangun ekosistem kendaraan listrik.

Salah satunya lewat pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B).

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa