Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penjualan Livina Terus Merosot, Nissan Beberkan Alasannya

Wisnu Andebar - Rabu, 25 Januari 2023 | 12:20 WIB
Nissan Livina Sporty
Rianto P
Nissan Livina Sporty

GridOto.com - Penjualan Nissan Livina terpantau terus mengalami penurunan dalam kurun waktu tiga tahun belakangan ini.

Menilik data wholesales atau penjualan dari pabrik ke dealer dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Nissan Livina berhasil terdistribusi sebanyak 1.097 unit selama 2022.

Angka tersebut terus merosot tajam, sebab pada 2021 Nissan Livina mencatat penjualan 2.015 unit, dan sebanyak 9.082 unit pada 2020 lalu.

Julian Olmon, Head of Marketing Communication PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) pun membenarkan, jika perfoma penjualan Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) besutannya ini terus menurun.

"Iya, untuk penjualan Livina memang turun ya. Hal itu karena saat ini fokus kami bergeser ke kendaraan elektrifikasi," ujar Julian saat diwawancarai di Jakarta Utara belum lama ini.

Ia menjelaskan, hal itu sejalan dengan langkah Nissan yang secara global akan memiliki banyak kendaraan elektrifikasi pada 2030.

Pada 2026 mendatang Nissan akan melakukan investasi sebesar 2 triliun Yen Jepang atau setara Rp 234,6 triliun untuk elektrifikasi kendaraan.

Sehingga pada 2030 dapat diluncurkan 23 model baru kendaraan listrik, termasuk di antaranya 15 kendaraan murni listrik atau Battery Electric Vehicle (BEV).

Dengan begitu, harapannya penjualan kendaraan listrik Nissan di dunia dapat mencapai angka 50 persen.

Baca Juga: Rumor Mitsubishi Xpander Hybrid Meluncur 2023, Bakal Ada Nissan Livina Hybrid?

"Jadi memang kami mau mulai fokus ke arah kendaraan listrik. Bukannya mau meninggalkan Livina, tapi ternyata hal itu berdampak pada volume penjualan Livina," pungkasnya.

Sekadar informasi, Nissan Livina sejatinya menggunakan mesin dan platform yang sama persis dengan Mitsubishi Xpander, yaitu 1.449 cc DOHC dengan kode 4A91.

Mesin tersebut diklaim sanggup menghasilkan tenaga 102,5 dk pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Tenaga yang dihasilkan kemudian disalurkan ke roda depan (FWD), lewat pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Enggak cuma itu, LMPV kembar tersebut juga diproduksi oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI).

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa