Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Viral Dipakai Nongkrong Ngabers, Intip Sejarah Pembangunan Underpass Dewi Sartika yang Diresmikan Ridwan Kamil

Muslimin Trisyuliono - Senin, 23 Januari 2023 | 19:15 WIB
Underpass Dewi Sartika, Depok, Jawa Barat
Muslimin Trisyuliono/GridOto.com
Underpass Dewi Sartika, Depok, Jawa Barat

GridOto.com - Belum lama ini video yang memperlihatkan remaja nongkrong di Underpass Dewi Sartika, Depok, Jawa Barat viral di media sosial.

Terpantau dari unggahan video di akun Instagram @infodepok_id pada Sabtu 21 Januari 2023, terlihat sekumpulan remaja sedang santai di atas motor di underpass yang belum lama ini diresmikan.

Bahkan di dalam video tersebut memperlihatkan sejumlah motor terparkir berjejer di tikungan Underpass Dewi Sartika, sehingga membahayakan pengendara yang melintas.

Tahukan sobat, bahwa Underpass Dewi Sartika ini merupakan jalur lalu lintas berbentuk terowongan yang sudah dinanti-nanti oleh warga Depok.

Pasalnya pembangunan Underpass Dewi Sartika sebagai solusi, untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di sekitar perlintasan kereta api dan kawasan pasar tumpah Depok Lama.

Underpass Dewi Sartika di Depok, Jawa Barat jadi tempat nongkrong para ngabers.
Instagram @infodepok_id
Underpass Dewi Sartika di Depok, Jawa Barat jadi tempat nongkrong para ngabers.

Buat yang belum tahu, yuk simak sedikit terkait pembangunan underpass di Jalan Dewi Sartika ini.

Melansir berita.depok.go.id, Peletakan batu pertama pembangunan Underpass Dewi Sartika dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pada 14 Februari 2022 lalu.

Hal tersebut sebagai tanda dimulainya proyek kolaborasi antara Pemerintah Kota Depok dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Saat itu, pembangunan underpass rencananya dilaksanakan kurang dari satu tahun dengan target penyelesaian pada Desember 2022.

Untuk pembangunan underpass dengan panjang 470 meter ini, menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat senilai Rp 108,6 miliar.

Baca Juga: Underpass Dewi Sartika Depok Dipakai Buat Nongkrong, Pahami Yuk Etika Saat Melintasinya

Sementara mengenai pembebasan lahan, Pemerintah Kota Depok telah melakukan pembebasan lahan dengan total anggaran Rp 189 miliar.

Setelah menunggu hampir satu tahun proses pembangunan, pada 17 Januari 2023 kemarin akhirnya underpass diresmikan Ridwan Kamil didampingi oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Depok mengucapkan terima kasih kepada Kang Emil (sapaan Ridwan Kamil) atas selesainya pembangunan underpass Dewi Sartika.

Pantauan GridOto di Underpass Dewi Sartika , Depok, Jawa Barat
Muslimin Trisyuliono/GridOto.com
Pantauan GridOto di Underpass Dewi Sartika , Depok, Jawa Barat

"Kami semua warga Depok mengucapkan ribuan terima kasih kepada Pak Gubernur, hatur nuhun Kang Emil," ujar Idris dalam sambutannya.

Pria yang akrab disapa Kiai Idris berharap, ke depan akan banyak lagi bantuan yang diberikan Provinsi Jawa Barat untuk Kota Depok, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"InsyaAllah hari ini Dewi Sartika, ke depan banyak bantuan lagi dari Gubernur," ucapnya.

Editor : Muhammad Ermiel Zulfikar
Sumber : berita.depok.go.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa