Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perbandingan Fitur dan Ukuran Kargo Wuling Formo Max dengan Mobil Sekelasnya, Siapa Paling Unggul?

Harun Rasyid - Sabtu, 21 Januari 2023 | 20:20 WIB
Mending beli Wuling Formo Max atau para rivalnya? Ini perbandingannya.
Harun
Mending beli Wuling Formo Max atau para rivalnya? Ini perbandingannya.

GridOto.com - Setelah meluncur belum lama ini, Wuling Formo Max langsung menjadi pesaing DFSK Super Cab, Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max pikap sebagai kendaraan niaga ringan di Tanah Air.

Dari segi harga, Wuling Formo Max memiliki banderol yang bersaing, yaitu Rp 162 juta untuk varian Standar dan AC yang ditawarkan Rp 170 juta on the road (OTR) Jakarta.

Dian Asmahani, Brand and Marketing Director Wuling Motors mengatakan, Wuling Formo Max memiliki keunggulan dari sisi daya angkut hingga fitur yang menunjang kenyamanan berkendara.

"Formo Max menawarkan kargo yang 10 sampai 20 persen lebih luas dari pesaing di segmen pikap kelas B. Menurut kami, para pelaku bisnis membutuhkan kendaraan niaga yang lebih nyaman dan dilengkapi fitur-fitur keselamatan yang mendukung," ujarnya dalam konferensi pers, belum lama ini.

Untuk spesfikasinya, Wuling Formo Max dibekali mesin DOHC 1.485 cc 4 silinder yang berpadu dengan transmisi manual 5-percepatan.

Performanya diklaim dapat menyemburkan tenaga 98 dk pada 5.800 rpm dan torsi 140 Nm pada 3.400-4.400 rpm.

Beberapa fitur yang tersemat pada Wuling Formo Max yaitu, Air Conditioner, head unit AM/FM Radio+USB, Power Window, rem Antilock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), hingga Electronic Power Steering (EPS).

Soal daya angkutnya, Wuling Formo Max memiliki bak terbuka yang dapat dibuka dari tiga sisi dengan dimensi panjang 2.695 mm × lebar 1.725 mm x tinggi 390 mm serta mampu mengangkut beban hingga 1 ton.

Sebagai perbandingan, GridOto akan membandingkan fitur dan kargo Wuling Formo Max dengan para rivalnya tersebut.

Baca Juga: Harga Beda Tipis, Ini Dia Perbedaan Wuling Formo Max Tipe Standard dan AC

1. Daihatsu Gran Max pikap

Daihatsu Gran Max pikap
Wisnu/GridOto.com
Daihatsu Gran Max pikap

Untuk menantang Wuling Formo Max, Daihatsu Gran Max pikap dengan bak terbuka memiliki varian mesin 1.500 cc dengan transmisi manual 5-percepatan.

Mesin 1.500 cc berkode 2NR-VE ini, mampu menghasilkan tenaga 97 dk pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 134 Nm di 4.440 rpm.

Harga Daihatsu Gran Max dengan model bak terbuka varian mesin 1.500 cc, dibanderol Rp 157,5 juta hingga Rp 168,8 juta OTR Jakarta.

Adapun dimensi kargo yamg dimilikinya yaitu panjang 2.350 mm × lebar 1.585 mm x tinggi 360 mm.

Sementara fitur yang ada pada pikap andalan PT Astra Daihatsu Motor tersebut yakni, pendingin Air Conditioner pada tipe tertentu, 2 cup holder di bagian dashboard, door arm rest, Electronic Power Steering, serta kabin yang mampu diisi tiga orang penumpang.

2. DFSK Super Cab

DFSK Super Cab
Dok. DFSK
DFSK Super Cab

Berikutnya, DFSK Super Cab dengan varian mesin 1.500 cc bensin per Januari 2023 dibanderol Rp 153,5 juta OTR Jakarta.

Mesin DFSK Super Cab yang berpadu dengan transmisi manul 5-percepatan ini, dinyatakan mampu menghasilkan tenaga 100 dk dan torsi sebesar 140,5 Nm pada 3.200-4.000 rpm.

Pikap dari brand asal China ini memiliki kargo dengan dimensi panjang 2.470 mm × lebar 1.670 mm × tinggi 340 mm.

Adapun kemampuan mengangkut muatannya, diklaim mencapai 1.268 kilogram atau 1,2 ton untuk varian 1.5 bensin.

Baca Juga: Lebih Murah dari Daihatsu Sigra, Harga Mobil Listrik DFSK Mini EV Mulai Rp 120 Juta Jika Kena Subsidi

Urusan fiturnya, sudah dilengkapi Electronic Power Steering, kapasitas tiga orang penumpang, sistem pendingin AC di kabin, radio AM/FM dengan speaker, hingga pengingat pemakaian seat belt.

3. Suzuki Carry pikap

Suzuki Carry
GridOto.com/Ruditya
Suzuki Carry

Suzuki Carry pikap ditawarkan dalam dua varian yakni, Flat Deck dan Wide Deck yang dibanderol mulai Rp 161,6 juta sampai Rp 171,2 juta OTR Jakarta.

Mobil yang dikenal dengan julukan 'Rajanya Pick Up' ini, mengusung mesin 1.500 cc K15B-C dengan transmisi manual 5-percepatan.

Mesin tersebut diklaim dapat menyuguhkan tenaga 95,6 dk pada 5.600 rpm dan torsi 135 Nm pada 5.600 rpm.

Soal ukuran kargonya, bak Suzuki Carry varian Flat Deck mempunyai panjang 2.505 mm × lebar 1.665 mm × tinggi 360 mm.

Sementara dimensi bak varian Wide Deck, panjangnya 2.505 mm x lebar 1.745 mm × tinggi 425 mm dan mampu membawa beban seberat 1 ton.

Fitur Suzuki Carry pikap di antaranya, ada Audio, pendingin AC di tipe PS, Immobilizer, Power Steering di tipe PS, Engine Check Warning, hingga kabin yang dapat diisi tiga orang.

Editor : Dida Argadea
Sumber : daihatsu.co.id,Suzuki.co.id,dfskmotors.co.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa