Lebih Murah dari Daihatsu Sigra, Harga Mobil Listrik DFSK Mini EV Mulai Rp 120 Juta Jika Kena Subsidi

Wisnu Andebar - Jumat, 16 Desember 2022 | 10:50 WIB

DFSK Mini EV (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Subsidi kendaraan listrik rencananya akan diberikan oleh pemerintah, baik untuk jenis motor maupun mobil.

Untuk masyatakat yang ingin membeli mobil listrik berbasis baterai, kabarnya akan dikenakan insentif sebesar Rp 80 juta.

Menurut Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, subsidi kendaraan listrik berupa insentif harga ini sedang berada dalam tahap finalisasi.

"Pemerintah sekarang sedang dalam tahap finalisasi, menghitung untuk memberikan insentif terhadap pembelian mobil dan atau motor listrik," ucap Agus dikutip dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (14/12/2022).

Meski masih wacana, insentif tersebut diyakini bisa membuat konsumen lebih tertarik dalam pembelian mobil listrik karena harganya akan lebih murah.

Salah satu contohnya DFSK Mini EV yang dipastikan bakal meluncur tahun depan dengan banderol mulai Rp 200 juta sampai Rp 220 juta.

Jika subsidi ini jadi diterapkan, maka harga DFSK Mini EV terpangkas menjadi Rp 120 juta sampai Rp 140 juta saja.

Tentu harga ini lebih murah dari pesaingnya yakni Wuling Air ev yang apabila dikenakan subsidi harganya menjadi Rp 158 juta sampai Rp 231 juta saja.

Adapun harga normal Wuling Air ev saat ini mulai Rp 238 juta hingga Rp 311 juta on the road (OTR) Jakarta.

Baca Juga: Update Subsidi Kendaraan Listrik, Insentif Mobil Listrik Rp 80 Juta, Mobil Hybrid Rp 40 Juta, Motor Listrik Rp 8 Juta!

Bahkan jika dibandingkan dengan Low Cost Green Car (LCGC) termurah saat ini yaitu Daihatsu Sigra, harga DFSK Mini EV dengan subsidi pemerintah masih lebih murah.

Seperti diketahui, harga on the road (OTR) DKI Jakarta Daihatsu Sigra paling murah Rp 131,5 juta untuk tipe 1.0 D M/T hingga Rp 174,7 juta tipe 1.2 R A/T DLX.

Namun perlu digarisbawahi, subsidi kendaraan listrik ini belum resmi diundangkan oleh pemerintah dan masih sekadar wacana.

Sebagai informasi, DFSK Mini EV rencananya akan mulai dijual untuk pasar otomotif Tanah Air pada semester satu tahun depan.

Mobil listrik mungil yang bakal diproduksi lokal di pabrik Cikande, Serang, Banten ini dijelaskan bakal punya dua pilihan spesifikasi yang ditawarkan.

Spesifikasi dibedakan dari kemampuan jarak tempuhnya yakni 150 km dan 220 km.