Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Daftar Harga Mobil Listrik dan Hybrid Kalau Kena Insentif Pembelian Mobil Listrik, Jadi Murah atau Masih Mahal Nih?

Muhammad Rizqi Pradana - Kamis, 15 Desember 2022 | 21:47 WIB
              Daftar harga mobil listrik dan mobil hybrid kalau kena insentif pembelian mobil listrik dari pemerintah, jadi murah atau masih mahal nih?
Radityo Herdianto
Daftar harga mobil listrik dan mobil hybrid kalau kena insentif pembelian mobil listrik dari pemerintah, jadi murah atau masih mahal nih?

GridOto.com - Pemerintah berencana untuk memberikan insentif pembelian mobil listrik pada 2023 mendatang.

Meskipun namanya insentif pembelian mobil listrik, mobil hybrid, motor listrik, dan paket konversi motor listrik pun akan turut kena subsidi.

Insentif yang rencananya akan diberikan pun cukup menggiurkan, yaitu sebesar Rp 80 juta untuk mobil listrik, Rp 40 juta untuk mobil hybrid, Rp 8 juta untuk motor listrik, dan Rp 5 juta untuk konversi motor lisitrik.

Untuk sobat yang berminat meminang mobil listrik atau hybrid, pastinya tawaran ini akan sangat menggiurkan mengingat harga yang lebih tinggi ketimbang mobil bermesin konvensional.

Tapi tidak semua mobil listrik atau hybrid akan kebagian subsidi, karena pemerintah hanya memberikan insentif untuk pembelian mobil yang memiliki pabrik di Indonesia.

"Insentif akan diberikan untuk pembelian mobil atau motor listrik yang memiliki pabrik di Indonesia," ucap Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian RI dikutip dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (14/12/2022).

Sayangnya belum jelas apakah yang dimaksud adalah mobil listrik produksi pabrik yang berada di Indonesia, atau tidak masalah selama merek tersebut memiliki pabrik di Indonesia.

Namun, Agus Gumiwang mengatakan bahwa pihaknya ingin memaksa produsen dunia untuk mempercepat realisasi investasi produksi kendaraan listrik di Indonesia.

Makanya GridOto.com sendiri hanya akan memasukkan mobil listrik maupun mobil hybrid yang sudah diproduksi di Indonesia, dimulai dari duet mobil listrik PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) yaitu IONIQ 5 dan Kona Electric.

Baca Juga: Jika Subsidi Kendaraan Listrik Berlaku, Wuling Air ev Bakal Kena Korting Rp 80 Juta, Harga Jadi Mepet Honda Brio!

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa