Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Kasih Respons Positif Soal Pemberian Insentif Mobil Listrik, Begini Jawabannya

Wisnu Andebar - Kamis, 15 Desember 2022 | 15:50 WIB
Mobil Listrik Toyota bZ4X
Radityo Herdianto / GridOto.com
Mobil Listrik Toyota bZ4X

GridOto.com - Insentif pembelian mobil listrik rencananya akan diberikan oleh pemerintah, guna mendorong percepatan kendaraan listrik di Tanah Air.

Meskipun belum dijelaskan secara detail kapan insentif mobil listrik ini akan diberlakukan, respons positif pun datang dari para Agen Pemegang Merek (APM) salah satunya Toyota.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, sebagai salah satu pelaku industri dengan kendaraan elektrifikasi di Indonesia, pihaknya tentu mengapresiasi kebijakan ini.

"Rencana ini bisa membantu popularisasi adopsi kendaraan elektrifikasi ya di Indonesia, dan dampaknya tentu ke emisi karbon yang bisa dikurangi," ujar Anton kepada GridOto.com, Kamis (15/12/2022).

Tidak hanya itu, Anton juga menyebut kebijakan ini berpotensi membuat semakin banyak masyarakat yang bisa masuk ke pasar kendaraan elektrifikasi karena harga yang makin murah.

Namun, dirinya mengaku belum bisa menjelaskan secara rinci dampak positif yang akan timbul dari adanya insentif pembelian mobil listrik tersebut.

"Untuk detail angka lalu bagaimana dampaknya mungkin harus tunggu realisasi dan detail aturannya ya untuk nanti bagaimana diaplikasikannya," papar Anton.

"Karena dari sana nanti pelaku industri bisa menyiapkan operasionalnya termasuk ke dealer, jadi mungkin kami akan tunggu detail regulasinya," pungkasnya.

Sekadar informasi, besaran insentif yang akan diberikan pemerintah rencananya adalah Rp 80 juta untuk pembelian mobil listrik berbasis baterai.

Baca Juga: Update Subsidi Kendaraan Listrik, Insentif Mobil Listrik Rp 80 Juta, Mobil Hybrid Rp 40 Juta, Motor Listrik Rp 8 Juta!

Sedangkan untuk mobil listrik berbasis hybrid, besaran insentifnya adalah Rp 40 juta.

Toyota sendiri memiliki beberapa jajaran mobil hybrid yang dipasarkan di Tanah Air.

Sebut saja Kijang Innova Zenix Hybrid, C-HR Hybrid, Camry Hybrid, Corolla Altis Hybrid, sampai Toyota Corolla Cross Hybrid.

Sedangkan untuk mobil listrik murni berbasis baterai Toyota memiliki BZ4X.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa