Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Program Beautifikasi dan Lanscaping Jalan Tol Terus Dikebut, Target Rampung Bulan Maret

Muslimin Trisyuliono - Minggu, 15 Januari 2023 | 12:20 WIB
Kementerian PUPR dorong BUJT tingkatkan kualitas dan estetika jalan tol dengan beautifikasi dan landscaping.
Dok.Kementerian PUPR
Kementerian PUPR dorong BUJT tingkatkan kualitas dan estetika jalan tol dengan beautifikasi dan landscaping.

GridOto.comKementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk terus meningkatkan kualitas dan estetika jalan tol dengan beautifikasi dan landscaping.

Hal tersebut sebagai upaya pengelolaan jalan tol berkelanjutan, sebagaimana Instruksi Menteri PUPR yang tertuang dalam Surat Menteri PUPR No. BM.0702-Mn/1057 tentang Rencana Kerja Peningkatan Kualitas Jalan Tol.     

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, berkeyakinan bahwa peningkatan kualitas layanan jalan tol akan berdampak terhadap kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan tol.

"Kami meyakini dengan lingkungan jalan tol yang lebih baik akan berkontribusi terhadap kenyamanan dan keselamatan dalam mengemudi di jalan tol," ujar Basuki dalam keterangan tertulisnya, Minggu (15/01/2023).

Tercatat 66 ruas jalan tol telah melaporkan program peningkatan kualitas dan estetika jalan tol dengan beautifikasi dan landscaping.

Adapun hingga November 2022, terdapat sejumlah BUJT yang telah melaksanakan beautifikasi dan landscaping dengan progres selesai 100 persen.

Di antaranya ada PT Jasa Marga (Persero) Tbk untuk ruas Jalan Tol Cawang-Tomang-Pluit, PT Hutama Karya (Persero) untuk ruas Tol Akses Tanjung Priok, PT Marga Mandalasakti untuk ruas Tol Tangerang-Merak.

Kemudian PT Citra Karya Jabar Tol untuk ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Seksi 1 (Cileunyi-Pamulihan), dan PT Jasamarga Bali Tol untuk ruas Tol Nusa Dua-Ngurai Rai-Benoa.      

Basuki pun mengapresiasi BUJT yang telah menyelesaikan program beautifikasi dan landscaping pada ruas tol sebagai bagian pengelolaan jalan tol berkelanjutan.

Kementerian PUPR dorong BUJT tingkatkan kualitas dan estetika jalan tol dengan beautifikasi dan landscaping.
Dok.Kementerian PUPR
Kementerian PUPR dorong BUJT tingkatkan kualitas dan estetika jalan tol dengan beautifikasi dan landscaping.

Baca Juga: Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi Bersolek, Jasa Marga Bakal Lakukan Pengecetan Marka, Guadrail dan MCB Pekan Depan

Selain itu, ia meminta agar BUJT yang masih dalam pelaksanaan beautifikasi dan landscaping dengan progres di atas 50 persen untuk segera menyelesaikan.

"Program ini harus sudah selesai 100 persen pada akhir Maret 2023," ucap Basuki.

Adapun kegiatan peningkatan kualitas dan estetika jalan tol dengan beautifikasi dan landscaping meliputi marka seperti pengecatan marka pudar, pengecatan marka setelah Scrapping Filling Overlay, dan pemasangan marka rumble strip.

Kemudian guardrail yakni pemasangan guardrail baru, pemeliharaan dan reposisi guardrail, pembersihan, pengecatan ulang, pemasangan end guardrail section, dan pembersihan windshield dan soundbarrier.

Jembatan, jembatan penyeberangan orang (JPO) dan overpass seperti pengecatan, pembersihan, perbaikan pipa drainase, perbaikan railing, pengecatan railing, pengecatan chainlink fence, pengecatan bagian simpang susun, pengecatan struktur box tunnel, dan pengecatan underpass.

Sampai penghijauan dan landscaping mulai dari penanaman pohon, perawatan taman, pemotongan rumput serta beautifikasi landscaping di interchange, gerbang tol, kantor gerbang, dan di sepanjang jalur tol.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa