Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

9 Ruas Jalan Tol Baru di Jawa dan Sumatera Siap Dijajal Saat Libur Nataru, Dimana Saja?

Muslimin Trisyuliono - Sabtu, 17 Desember 2022 | 21:25 WIB
Kementerian PUPR fungsionalkan 9 ruas tol baru di Jawa dan Sumatera untuk libur Nataru
Dok.Kementerian PUPR
Kementerian PUPR fungsionalkan 9 ruas tol baru di Jawa dan Sumatera untuk libur Nataru

GridOto.com - Guna mendukung kelancaran lalu lintas libur Natal dan tahun baru 2023 (Nataru), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) fungsionalkan 9 ruas tol baru di Jawa dan Sumatera.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, mengatakan pada libur Nataru tahun ini pihaknya akan mengoperasionalkan secara fungsional 7 ruas jalan tol baru di Jawa dan 2 ruas jalan tol di Sumatera.

"Seluruh jalan fungsional sudah siap untuk dilalui, kami serahkan kepada Bapak Kakorlantas untuk dimanfaatkan atau tidak, sesuai dengan manajemen lalu lintas di lapangan," ujar Basuki dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Sabtu (17/12/2022).

Adapun ruas jalan baru yang akan difungsionalkan untuk mendukung arus mudik Nataru tahun ini adalah tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Seksi 2 dan 3 Ranca Kalong-Sumedang, Sumedang–Cimalaka, 21 km), Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Seksi 2A Jaka Sampurna–Kayuringin–Ujung, 4,8 km).

Selanjutnya Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (Tahap 1 Junction Wringanom, 7,4 km), Tol Semarang Demak (Seksi 2 Sayung–Demak, 16,31 km), Tol Cinere-Jagorawi (Seksi 3A Kukusan–Cinere, 3 km).

Kemudian Tol Ciawi–Sukabumi (Seksi 2 Cigombong–Cibadak, 11,9 km), dan Tol Jakarta Cikampek Selatan (Segmen Sadang–Kutanegara, 8,5 km).

"Kami tegaskan juga semua pekerjaan konstruksi di jalan tol maupun non-tol sudah kita hentikan H-10 untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas libur Natal dan Tahun Baru ini," tambah Basuki.

Selanjutnya, Basuki juga menyampaikan untuk mendukung kelancaran Nataru juga difungsionalkan 2 ruas tol di Sumatera, yakni Tol Sigli-Banda Aceh (Seksi 5 dan 6 Blang Bintang–Kutobaro–SS Baitussalam, 12,3 km).

Kemudian ada Tol Kuala Tanjung Tebing Tinggi–Parapat (Seksi 1 Tebing Tinggi–Indrapura, 20,4 km).

Baca Juga: Antisipasi Macet Saat Nataru di Rest Area, Jasa Marga Pasang RAMS

Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak hanya memanfaatkan jalan tol saja, tetapi juga jalan nasional sebagai jalur lalu lintas Nataru.

Adapun saat ini total panjang jalan nasional 46.690 km yang tersebar di wilayah Pulau Sumatera sepanjang 7.918 km, Pulau Jawa dan Bali sepanjang 5.336,9 km, Pulau Kalimantan sepanjang 6.556,4 km.

Sementara untuk di Pulau Sulawesi sepanjang 17.284,4 km, dan Pulau Nusa Tenggara sepanjang 2.792,1 km dan Pulau Maluku–Papua sepanjang 6.802,3 km.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa