Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jasa Marga Catat Satu Juta Lebih Kendaraan Keluar Jabotabek Jelang Libur Nataru, Terbanyak ke Arah Trans Jawa

Harun Rasyid - Senin, 26 Desember 2022 | 17:20 WIB
Ilustrasi kendaraan yang meninggalkan Jabotabek selama pada H-7 hingga H-1 Hari Raya Natal 2022, mayoritas ke arah Trans Jawa
Dok. Jasa Marga
Ilustrasi kendaraan yang meninggalkan Jabotabek selama pada H-7 hingga H-1 Hari Raya Natal 2022, mayoritas ke arah Trans Jawa

GridOto.com - Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang pada 18-24 Desember 2022, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 1.156.990 kendaraan tinggalkan wilayah Jabotabek.

Angka tersebut diperoleh Jasa Marga dari arus lalu lintas di empat gerbang tol (GT), yaitu GT Cikupa arah Merak, GT Ciawi arah Puncak, GT Cikampek Utama arah Trans Jawa dan GT Kalihurip arah Bandung.

Berdasarkan keterangan resmi Jasa Marga, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek meningkat 16,81 persen jika dibanding lalu lintas normal Juni 2022, yang tercatat sebanyak 990.740 kendaraan.

Kemudian jika dibandingkan dengan periode Nataru 2021, total volume lalu lintas kali ini naik 5,29 persen dengan jumlah 1.098.840 kendaraan.

Sementara apabila dibandingkan dengan prediksi volume lalu lintas libur Nataru 2022 pada periode yang sama, total volume lalin tersebut juga naik sebesar 3,34 persen dengan total 1.119.592 Kendaraan.

Dari data yang diungkapkan Jasa Marga, mayoritas kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju ke tiga arah yaitu sebanyak 543.134 kendaraan (46,94%) menuju Trans Jawa dan Bandung, serta 357.056 kendaraan (30,86%) menuju Merak.

Sementara untuk kendaraan yang pergi ke wilayah Puncak, tercatat sebanyak 256.800 atau sebesar 22,2 persen.

Ilustrasi kendaraan yang meninggalkan Jabotabek.
Dok. Jasa Marga
Ilustrasi kendaraan yang meninggalkan Jabotabek.

Lebih lanjut, Jasa Marga mengimbau kepada setiap pengendara untuk melakukan persiapan perjalanan secara matang khususnya sebelum memasuki jalan tol.

Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan sehat, mematuhi protokol kesehatan saat berada di rest area, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, hingga serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

Demi keselamatan bersama, ada baiknya pengendara juga menjaga etika berkendara selama perjalanan dalam libur Nataru kali ini.

Baca Juga: Hati-hati Lewat Jalan Tol Semarang-Solo Saat Libur Nataru, Titik Ini Rawan Kecelakaan Lo!

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa