Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sambut Libur Nataru, Jasa Marga Buka Akses Darangdan di Km 99 Tol Cipularang Secara Fungsional

Muhammad Ermiel Zulfikar - Minggu, 18 Desember 2022 | 19:30 WIB
Akses Darangdan Km 99 Jalan Tol Cipularang Arah Bandung, dibuka secara fungsional pada Minggu (18/12/2022).
Dok. Jasa Marga
Akses Darangdan Km 99 Jalan Tol Cipularang Arah Bandung, dibuka secara fungsional pada Minggu (18/12/2022).

GridOto.com - Akses keluar menuju Kecamatan Darangdan, Purwakarta yang terletak di Km 99 Jalan Tol Cipularang arah Bandung, resmi dioperasikan Jasa Marga secara fungsional pada Minggu (18/12/2022) hari ini.

Adapun pengoperasian akses Darangdan secara fungsional akan berlangsung hingga 8 Januari 2023 mendatang, sebagai langkah antispasi peningkatan arus lalu lintas di Tol Cipularang selama libur hari raya Natal dan Tahun baru 2023 (Nataru).

Dibukanya akses Darangdan secara fungsional juga berfungsi untuk mendistribusikan lalu lintas di Tol Cipularang, terutama yang menuju arah Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat.

Menurut JMT Regional Division Senior General Manager, Widiyatmiko Nursejati, pengguna jalan tol yang menggunakan akses fungsional Darangdan tidak akan dikenakan tarif tambahan.

Namun disamakan dengan tarif menuju gerbang tol (GT) terdekat, yaitu GT Jatiluhur di Km 83 Tol Cipularang.

"Kami berharap, dengan dibukanya akses menuju Kecamatan Darangdan ini akan membantu memperlancar perjalanan masyarakat. Karena memiliki alternatif lainnya yang lebih dekat untuk menuju lokasi tujuan mereka," ujar Widiyatmiko dalam keterangan resmi Jasa Marga.

Widiyatmiko pun mengingatkan, akses ini hanya berlaku untuk pengguna Jalan Tol Cipularang yang hendak menuju arah Purwakarta dan Bandung Barat.

"Sedangkan untuk sebaliknya atau menuju arah Jakarta dari akses tersebut, maka pengguna jalan harus menggunakan jalan nasional sekitar 20 Km untuk kembali masuk ke jalan tol melalui GT Jatiluhur di Km 83,” tuturnya.

Lebih lanjut, Widiyatmiko merincikan bagi kendaraan Golongan 1 yang menuju akses fungsional Darangdan Km 99 dari GT Kalihurip Utama (Km 67) maka akan dikenakan tarif Rp 13.500.

Baca Juga: Urai Kemacetan Jelang Nataru, Jasa Marga Siapkan Transaksi Mobile Reader di Gerbang Tol

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa