Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penuh Corak Budaya, Gerbang Mahligai Pesisir Diresmikan Astra Financial Bersama Walikota Singkawang dan Bupati Sambas

Harun Rasyid - Minggu, 27 November 2022 | 19:30 WIB
Peresmian gerbang Mahligai Pesisir pada Minggu, 27 November 2022 di perbatasan Singkawang-Sambas.
Dok. Astra Financial
Peresmian gerbang Mahligai Pesisir pada Minggu, 27 November 2022 di perbatasan Singkawang-Sambas.

GridOto.com - Tiga unit bisnis Astra Financial yakni PT Federal International Finance (FIFGROUP), PT Asuransi Astra Buana dan PT Astra Digital Arta (AstraPay), turut mendukung pembangunan pintu gerbang Mahligai Pesisir di Kalimantan Barat.

Pintu gerbang Mahligai Pesisir yang berada di perbatasan Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas ini, akhirnya diresmikan setelah dimulai pembagunannya sejak 27 Februari 2022 lalu.

Direksi Astra Financial dan para jajarannya, turut hadir dalam peresmian pintu gerbang Mahligai Pesisir yang membelah Jalan Raya Ratu Sepudak tersebut.

Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pembangunan gerbang berwarna emas yang memperkuat jalinan budaya dua wilayah tersebut.

"Terima kasih atas dukungan dari Astra Financial melalui tiga business unitnya, FIFGROUP, Asuransi Astra, dan AstraPay dalam pembangunan salah satu dari tiga gerbang kota Singkawang, yaitu gerbang Mahligai Pesisir," ujar Chui Mei dalam rilis resmi Astra Financial, Minggu (27/11/2022).

Ia juga menyebut kehadiran Grup Astra di wilayah Singkawang memberikan berdampak positif, lewat berbagai program seperti Kampung Berseri Astra, Bakti Sosial Nurani Astra, dan Desa Sejahtera Astra.

"Ini sangat membantu perekonomian warga Singkawang. Juga berbagai bantuan saat covid seperti ventilator, sembako, pemberian kurban hingga penanaman pohon dan revitalisasi Taman Cahaya Madani," papar Tjhai.

Pemotongan pita dilakukan oleh Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie (tengah), Bupati Sambas Satono (kedua dari kiri), Direktur PT Astra International Tbk, yang juga Director-in-Charge (DIC) Astra Financial Suparno Djasmin (kanan) sebagai simbol peresmian gerbang Mahligai Pesisir.
Dok. Astra Financial
Pemotongan pita dilakukan oleh Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie (tengah), Bupati Sambas Satono (kedua dari kiri), Direktur PT Astra International Tbk, yang juga Director-in-Charge (DIC) Astra Financial Suparno Djasmin (kanan) sebagai simbol peresmian gerbang Mahligai Pesisir.


Dalam kesempatan yang sama, Satono selaku Bupati Sambas menyebutkan bahwa arsitektur gerbang Mahligai Pesisir melambangkan budaya Melayu Sambas.

Sementara itu Suparno Djasmin, Direktur PT Astra International Tbk yang juga menjabat Director-in-Charge (DIC) Astra Financial berujar, pembangunan gerbang Mahligai Pesisir merupakan momen bersejarah bagi daerah Singkawang-Sambas.

"Kami berharap gerbang ini tidak hanya menjadi pembatas wilayah, namun juga dapat menjadi lambang kelestarian budaya dari kebersamaan Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas, serta membawa manfaat dari segi perekonomian dengan menjadi destinasi wisata," ucap Suparno.

Baca Juga: Selamat! Director In Charge Astra Financial Suparno Djasmin Dapat Penghargaan Person of The Year GridOto Award 2022

Sekadar informasi, gerbang Mahligai Pesisir merupakan representasi budaya dari kota Singkawang dan Kabupaten Sambas.

Pembangunan landmark tersebut berlangsung selama sembilan bulan yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Tjhai Chui Mie, Satono, serta wakil dari Astra Financial, Benny Purba selaku Kepala Wilayah FIFGROUP dan Slamet Widodo, Kepala Cabang FIFGROUP, hingga para aparat Pemda terkait.

Keberagaman budaya dan estetika sangat melekat di kedua daerah tingkat dua tersebut.

Desain gerbang Mahligai Pesisir.
Dok. Pemkot Singkawang
Desain gerbang Mahligai Pesisir.


Nilai edukasi budaya dan estetika, menjadi makna utama yang diapresiasikan lewat motif kain songket serta ukiran ornamen kuda laut yang terlihat melekat di bangunan tersebut.

Kehadiran gerbang Mahligai Pesisir diharapkan menjadi ikon budaya yang mewakili Kota Singkawang serta Kabupaten Sambas hingga masa mendatang.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa