Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

GridOto Award 2022

Menang Banyak, Toyota Borong Penghargaan Kategori TCO dan Resale Value GridOto Award 2022

Wisnu Andebar - Jumat, 25 November 2022 | 19:05 WIB
Toyota All New Avanza
Rianto Prasetyo / GridOto.com
Toyota All New Avanza

GridOto.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) berhasil memborong penghargaan kategori Total Cost of Ownership (TCO) dan Resale Value dalam ajang GridOto Award 2022.

Untuk kategori TCO, secara total Toyota memenangkan tujuh penghargaan yang meliputi segmen Medium Sedan (New Corolla Altis 1.8), Large Sedan (New Camry 2.5).

Lalu Small MPV (All New Avanza CVT), Big MPV (All New Voxy), Small SUV (All New Rush), Hybrid (Corolla Cross Hybrid), dan Double Cabin (New Hilux).

Sedangkan pada kategori Resale Value, pabrikan berlogo tiga oval tersebut lagi-lagi menjadi yang terbanyak dibanding kompetitor dengan mengumpulkan total lima penghargaan.

Di antaranya segmen Small Sedan (New Vios), Medium MPV (Kijang Innova), Large SUV (Fortuner), Large Sedan (Camry), dan Big MPV (Vellfire).

Sekadar informasi, GridOto Award 2022 hadir untuk yang keempat kalinya dengan mengusung tema 'Best Value, Smart Choice’.

Ajang penghargaan bergengsi ini ditayangkan secara live streaming di Channel Youtube GridOto, Otomotif TV serta Kompas TV pada Jumat (25/11/2022) pukul 16.00 WIB.

Editor in Chief GridOto.com, Billy Riestianto mengatakan, bahwa banyaknya pilihan mobil dan motor yang hadir sesuai dengan kebutuhan konsumen ditambah dengan industri pendukungnya, membuat industri otomotif di Indonesia berkembang pesat.

"Meski diadang pandemi Covid-19 selama dua tahun, hal itu malah menjadikan industri otomotif semakin kuat dengan pilihan yang semakin luas. Untuk itu, tema ‘Best Value, Smart Choice’ menjadi tema yang sesuai dengan kondisi saat ini," ujar Billy, Jumat (25/11/2022).

Baca Juga: Selamat, Menhub Budi Karya Sumadi Raih Katagori Kontribusi Untuk Negeri di GridOto Award 2022

Sekadar informasi, untuk kategori TCO metode perhitungannya meliputi konsumsi BBM rata-rata, biaya servis selama satu tahun atau 20.000 km, serta pajak kendaraan yang harus dibayar selama satu tahun.

Semakin rendah biaya yang harus dikeluarkan konsumen, maka semakin baik pula biaya kepemilikanya dan dinyatakan sebagai pemenang.

Sementara Resale Value merupakan kategori yang fokus mencari kendaraan roda empat dengan nilai jual kembali terbaik.

Metode perhitungannya diambil berdasarkan survei harga ke beberapa pedagang mobil bekas di wilayah Jabodetabek.

Semakin rendah depresiasi atau penurunan harga jual suatu mobil di pasaran, maka semakin tinggi resale value-nya dan layak untuk jadi pemenang.

Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar penghargaan kategori Total Cost of Ownership GridOto Award 2022 yang berhasil diraih Toyota:

Kategori Pemenang TCO/Hari
Medium Sedan New Corolla Altis 1.8 Rp 77.359
Large Sedan New Camry 2.5 Rp 100.786
Small MPV All New Avanza CVT Rp 61.194
Big MPV All New Voxy Rp 86.615
Small SUV All New Rush Rp 67.561
Hybrid Corolla Cross Hybrid Rp 52.708
Double Cabin New Hilux Rp 110.119

Berikut daftar penghargaan kategori Resale Value GridOto Award 2022 yang berhasil diraih Toyota:

Kategori Pemenang Depresiasi (dalam %)
Small Sedan New Vios 11,75 persen
Medium MPV Kijang Innova 8,22 persen
Large SUV Fortuner 5,13 persen
Large Sedan Camry 8,92 persen
Big MPV Vellfire 2,64 persen

 

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa