Selamat, Menhub Budi Karya Sumadi Raih Katagori Kontribusi Untuk Negeri di GridOto Award 2022

M. Adam Samudra - Jumat, 25 November 2022 | 17:10 WIB

Katagori Kontribusi Untuk Negeri GridOto Award 2022 (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menerima penghargaan GridOto Award 2022 untuk kategori 'Kontribusi Untuk Negeri' yang diselenggarakan oleh Kompas Gramedia melalui situs otomotif GridOto.com pukul 16.00 WIB.

Penyerahan penghargaan diberikan oleh GridOto kepada Menteri Budi Karya Sumadi, di Jakarta, Jum'at (25/11/2022).
 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tidak dapat menerima langsung penghargaan tersebut lantaran saat ini tengah memberikan bantuan terhadap korban gempa bumi di Cianjur.
 
Seperti diketahui, Kontribusi Untuk Negeri (KUN) ini disematkan bagi penggunaan kendaraan berbasis listrik yang diharapkan menjadi salah satu solusi atas isu pencemaran lingkungan yang menyebabkan pencemaran udara.
 
Khususnya yang terjadi di kota-kota besar di Indonesia.
 
Namun demikian, saat ini populasi kendaran listrik masih belum sesuai dengan harapan Pemerintah.
 
Untuk mendorong masyarakat berpindah dari kendaraan berbasis BBM (Bahan Bakar Minyak) ke kendaraan listrik, Kementerian Perhubungan menjalankan amanat Perpres 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.
 
Melalui peraturan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai dan Peraturan Menhub Nomor No 15 tahun 2022 tentang Konversi Kendaraan Bermotor Selain Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.
 
Hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk mempercepat program elektrifikasi kendaraan bermotor nasional.
 
Baca Juga: Tempuh Jarak 1.250 Kilometer, DFSK Gelora E Ikuti Touring Kendaraan Listrik Jakarta-Bali dari Kemenhub

Selain itu, adanya upaya dan keinginan pemerintah dalam hal pemberian subsidi terhadap biaya konversi sepeda motor berbahan bakar konvensional ke kendaraan listrik.

Hal ini dilakukan dalam rangka percepatan penggunaan kendaraan listrik secara massal di Indonesia.
 
Dengan kebijakan yang pro terhadap kendaraan listrik, dalam GridOto Award 2022 ini, kami menganugerahkan Kontribusi Untuk Negeri kepada Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Bapak Budi Karya Sumadi.
 
Sekadar informasi, mengusung tema 'Best Value, Smart Choice', GridOto Award 2022 mengajak seluruh pembaca serta stakeholder di bidang otomotif untuk memilih produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi.

"Banyaknya pilihan mobil dan motor yang hadir sesuai dengan kebutuhan konsumen ditambah dengan industri pendukungnya, membuat industri otomotif di Indonesia berkembang pesat," ujar Billy Riestianto sebagai Editor in Chief GridOto.com.

"Meski diadang pandemi Covid-19 selama dua tahun, hal itu malah menjadikan industri otomotif semakin kuat dengan pilihan yang semakin luas. Untuk itu, tema 'Best Value, Smart Choice' menjadi tema yang sesuai dengan kondisi saat ini," sambungnya.

GridOto Award 2022 menyuguhkan total 80 penghargaan, terdiri atas 19 penghargaan untuk motor dan 18 penghargaan mobil, serta penghargaan tertinggi bagi mobil terbaik (Car of The Year) maupun motor terbaik (Motorcycle of The Year) 2022.

Selanjutnya ada kategori Total Cost of Ownership (TCO) serta Resale Value (RV), kategori TCO menghadirkan 20 pemenang sedangkan kategori RV menghadirkan 19 pemenang.

Selain itu, ada empat Special Award berupa penghargaan Person of The Year, Public Relation of The Year, Kontribusi Untuk Negeri (KUN) serta Best Digital Content yang diberikan kepada tokoh otomotif yang berjasa dan berpengaruh di dunia otomotif nasional.