Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sirkuit Mandalika Kembali Terpilih Jadi Arena Shell Eco-marathon 2023, Ditargetkan Ratusan Tim dari 15 Negara Berpartisipasi

Harun Rasyid - Sabtu, 15 Oktober 2022 | 12:05 WIB
Mobil-mobil peserta Shell Eco-marathon 2022 di Sirkuit Mandalika, NTB.
Harun/GridOto.com
Mobil-mobil peserta Shell Eco-marathon 2022 di Sirkuit Mandalika, NTB.

GridOto.com - Ajang balap kendaraan ramah energi, Shell Eco-marathon 2023 dipastikan kmebali digelar di Indonesia, dengan mengambil tempat di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kembali dipilihnya Sirkuit Mandalika sebagai arena Shell Eco-marathon diutarakan Global General Manager Shell Eco-marathon, Norman Koch.

Nantinya, Shell Eco-marathon 2023 di Sirkuit Mandalika akan diikuti para pelajar dan mahasiswa dari negara-negara kawasan Asia, Timur Tengah, hingga Pasifik dengan jumlah peserta mencapai ratusan tim.

"Tahun depan kami berharap ada 80 hingga 100 tim dari 15 negara yang berpartisipasi di Shell Eco-marathon," ujarnya saat konferensi pers di Sirkuit Mandalika, Jumat (14/10/2022).

Menurut Norman, kompetisi yang menantang peserta untuk menciptakan kendaraan dengan jarak tempuh terjauh dan konsumsi energi yang irit ini sempat absen selama dua tahun.

Sehingga Shell Eco-marathon saat pandemi Covid-19 digelar secara online.

Hal tersebut membuat Shell Eco-marathon 2022 yang kembali diadakan secara offline, digelar dalam format mini kompetisi dengan lebih dari 40 tim dari sembilan negara yang berpartisipasi.

Salah satu mobil peserta Shell Eco-marathon 2022 melaju di Sirkuit Mandalika
Harun/GridOto.com
Salah satu mobil peserta Shell Eco-marathon 2022 melaju di Sirkuit Mandalika


Karena itulah Norman menerangkan, pelaksanaan Shell Eco-marathon 2022 membuat pihaknya semangat dan lebih percaya diri dengan ajang yang akan dihelat tahun depan.

"Sekarang kami merasa jauh lebih percaya diri untuk tahun depan, walaupun pandemi belum berakhir. Tentu saja saat ini (pandemi) dalam keadaan terkendali di banyak negara, kami merasa yakin bahwa tahun depan banyak tim yang akan dapat bekerja,” terangnya.

Baca Juga: Shell Eco-marathon Resmi Digelar di Sirkuit Mandalika, 40 Tim Dari 9 Negara Adu Kendaraan Hemat Energi

Sebagai informasi, Shell Eco-marathon untuk pertama kalinya digelar di Tanah Air pada tahun ini.

Diikuti lebih dari 40 tim mahasiswa dari sembilan negara, mulai dari Indonesia, India, Singapura, Vietnam, Filipina, Nepal, Kazakhstan, Malaysia dan Korea Selatan untuk bersaing, merancang, membangun, menguji dan mengendarai mobil hemat energi.

Shell Eco-marathon mempertandingkan dua kategori kelas kendaraan, yakni Prototype dan Urban Concept.

Salah satu peserta Shell Eco-marathon 2022 dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.
Harun/GridOto.com
Salah satu peserta Shell Eco-marathon 2022 dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Kategori Prototype berfokus pada desain kendaraan ultra-efisien dan ringan, umumnya dengan tiga roda.

Sementara Urban Concept berfokus pada rancangan kendaraan untuk mobilisasi di perkotaan yang efisien dalam hal energi dengan roda empat konvensional.

Untuk itu, para tim dapat merancang mobil Prototipe atau Urban Concept dan memilih tiga kategori energi mulai dari mesin bakar atau internal combustion engine (ICE), baterai listrik, maupun sel bahan bakar hidrogen.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa