Brandstory

Konten Ini Merupakan Kerjasama Gridoto dengan HPM

Ingin Liburan Akhir Tahun di Luar Kota dengan Mobil? Perhatikan Hal Ini

Nana Triana - Rabu, 5 Oktober 2022 | 18:00 WIB
Road trip  bisa menjadi alternatif untuk mengisi liburan bersama keluarga.
Dok. Shutterstock
Road trip bisa menjadi alternatif untuk mengisi liburan bersama keluarga.

GridOto.com – Liburan akhir tahun menjadi momen yang ditunggu tunggu untuk berlibur bersama keluarga. Ketika merencanakan liburan bersama keluarga memang membutuhkan banyak pertimbangan, utamanya dalam hal pemilihan destinasi wisata dan transportasi yang hendak digunakan.

Soal transportasi, biasanya, masyarakat Indonesia lebih memilih melakukan perjalanan darat atau road trip menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Terutama, bagi mereka yang telah berkeluarga.

Pasalnya, melakukan road trip dinilai lebih hemat jika dibandingkan harus bepergian dengan mengunakan transportasi umum, seperti pesawat atau kereta. Selain dapat menghemat ongkos tiket, Anda juga bisa lebih leluasa mendatangi tempat-tempat yang dianggap menarik.

Apalagi, jika harus membawa banyak barang bawaan serta anak kecil. Tentunya, menggunakan mobil pribadi jadi jauh lebih nyaman. Bagi yang sudah memiliki mobil, langkah selanjutnya adalah tinggal menyusun rencana liburan sesempurna mungkin.

Baca Juga: Harga Mobil Baru All New Honda BR-V Oktober 2022 Masih Stabil, Tipe Termurah Dibanderol Mulai Rp 281 Jutaan

Sementara itu, jika belum punya atau hanya memiliki mobil dengan kapastias penumpang dan kabin yang kecil, tak ada salahnya mempertimbangkan untuk membeli satu unit mobil baru yang mampu mengangkut kapasitas penumpang dan kabin yang besar.

Mobil dengan kapasitas penumpang yang besar tentu menjadi pertimbangan utama jika tidak ingin mengorbankan kenyamanan saat bepergian. Apalagi, masyarakat Indonesia umumnya tinggal tak hanya bersama keluarga inti dalam satu rumah, tetapi juga bersama keluarga besar.

Oleh karena itu, dibutuhkan mobil dengan kapasitas 6-7 orang penumpang. Selain memuat banyak penumpang, mobil keluarga yang ideal juga memiliki bagasi luas. Hal ini akan sangat membantu ketika Anda dan keluarga melakukan perjalanan jauh dengan membawa banyak perbekalan.

Dilengkapi beragam fitur hiburan

Agar perjalanan bersama keluarga semakin menyenangkan, pilihlah mobil yang sudah didukung beragam fitur hiburan. Misalnya, fitur audio yang dilengkapi MP3/CD Player, speaker, USB connector, radio, pemutar DVD, dan layar sentuh.

Baca Juga: Biaya Servis Berkala Honda HR-V RS Setahun Pertama, Habis Segini

Fitur keamanan yang lengkap

Aspek kenyamanan dan keamanan dalam berkendara sangatlah penting untuk diperhatikan, terlebih saat bepergian bersama keluarga. Untuk itu, pastikan mobil keluarga yang hendak Anda beli telah dilengkapi fitur keamanan dengan dukungan teknologi terkini.

Beberapa fitur keamanan utama yang wajib dimiliki sebuah mobil keluarga antara lain sabuk pengaman, air bagchild safety lock, lane keeping assist system, adaptive cruise control, dan auto-high beam. Semua fitur tersebut bisa meminimalisasi risiko kecelakaan.

Performa yang bisa andalkan

Performa mesin menjadi poin penting selanjutnya dalam memilih mobil keluarga. Pastikan mobil memiliki akselerasi yang halus dan tenaga mumpuni. Selain itu, usahakan memilih mobil yang irit bahan bakar.

Salah satu mobil yang dapat Anda pertimbangkan dengan lima kriteria di atas adalah All New Honda BR-V 2022. Mobil ini menawarkan performa berkendara yang menyenangkan dan efisiensi bahan bakar yang menjadi ciri khas mobil Honda.

Baca Juga: Awas Vario 160 Punya Saingan, Inilah Motor Baru Aprilia SR 150 Tebar Ancaman

Dari sisi desain, All New Honda BR-V 2022 dirancang untuk memadukan desain dan ketangguhan sport utility vehicle (SUV), serta kenyamanan kabin dan fungsionalitas multi-purpose vehicle (MPV).

All New Honda BR-V 2022 memiliki desain yang elegan dan mewah. Bagian fascia atau wajah Honda BR-V 2022 terlihat lebih gagah dan berkarakter berkat posisi kap mesin yang dibuat lebih tinggi.

All New Honda BR-V 2022.
Dok. HPM
All New Honda BR-V 2022.

Lampu depan mobil low sport utility vehicle (LSUV) teranyar Honda itu memiliki desain LED Headlight terbaru. Dilengkapi juga dengan LED daytime running light (DRL) yang menyatu dengan grill depan sekaligus menggantikan lampu halogen proyektor pada model lama.

Sementara, lampu belakangnya sudah dilengkapi rear combi lamp model baru yang dilengkapi dengan LED Light Bar yang dirancang menyatu dengan garis bodi. Kesan tangguh dari sebuah SUV makin kuat dengan desain velg 17 inci baru yang lebih agresif.

All New Honda BR-V 2022 memiliki dimensi mobil panjang 4.490 milimeter (mm), lebar 1.780 mm, dan  tinggi 1.685 mm, serta wheelbase 2.662 mm dan ground clearance 220 mm. 

Dimensi yang besar membuat mobil ini mampu menampung tujuh orang. Bahkan, kursi baris ketiga tetap nyaman untuk penumpang dewasa. Ruang kabin dan bagasi All New Honda BR-V 2022 pun terluas di kelasnya.

Interior elegan dan modern

Tak hanya mengusung perubahan desain, All New Honda BR-V 2022 juga hadir dengan interior mobil yang lebih elegan dan modern. Ini berkat bahan kulit yang ditambahkan pada kabin hingga sisi pintu dan panel dashboard.

Ruang kepala dan kaki yang lega juga tersedia di semua baris untuk menunjang kenyamanan pengemudi dan penumpang. Seluruh kursinya juga dilengkapi headrest yang bisa disesuaikan dengan posisi kepala penumpang.

Pada Panel dashboard pun terdapat multi-information display TFT 4,2 inci yang menunjang kenyamanan pengemudi saat berkendara. Display ini menampilkan berbagai informasi penting selama berkendara, seperti fungsi Honda Sensing, konsumsi bahan bakar, jarak tempuh perjalanan, dan informasi lainnya.

Baca Juga: Supra Bapak Kok Jadi Ganteng Gini, Honda Supra X 125 FI Terbaru Iritnya Gila Bisa 71,4 Km/Liter

Honda juga telah memadukan display tersebut dengan sistem audio video terbaru dengan layar sentuh 7 inci yang sudah dilengkapi dengan smartphone connection dan handsfree telephone.

Untuk perjalanan jauh, Honda BR-V 2022 Prestige CVT menyediakan power outlet yang tersedia di area konsol depan, baris kedua, dan baris ketiga. Power outlet ini memiliki kemampuan pengisian daya hingga 12 volt (V).

All New Honda BR-V 2022 memiliki peningkatan kualitas noise, vibration, and hashness (NVH) dibandingkan generasi sebelumnya. Pasalnya, mobil LSUV teranyar Honda tersebut ditunjang oleh pengaplikasian semprotan busa dan struktur panel tertutup di sekitar area panel bodi untuk mengurangi kebisingan.

Performa terbaik di kelasnya

Beralih ke bagian dapur pacu, All New Honda BR-V mengusung mesin 1,5 liter DOHC i-VTEC yang diperbarui untuk menghasilkan tenaga maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

Mesin yang telah disempurnakan ini juga didukung sistem transmisi CVT baru sehingga mampu menghasilkan efisiensi bahan bakar lebih baik dan performa lebih bertenaga, serta ramah lingkungan dengan standar emisi EURO 4.

Sistem transmisi yang ditawarkan BR-V adalah 6 percepatan manual dan CVT, dengan sistem penggerak kendaraan menganut penggerak roda depan (FWD).

Baca Juga: Banyak Pameran Buat Penjualan Honda BR-V Terbaru Moncer, Cetak Rekor Tertinggi pada Agustus 2022, Tapi..

Fitur keamanan mumpuni

Sebagai mobil LSUV teranyar, HPM membekali All New Honda BR-V 2022 dengan berbagai fitur canggih, antara lain Remote Engine Start, Walk Away Auto Lock, Honda LaneWatch, dan Smart Entry System.

Remote Engine Start merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghidupkan mesin kendaraan dan AC dari jarak jauh sebelum masuk mobil. Lalu, Walk Away Auto Lock berfungsi untuk mengunci pintu secara otomatis saat pengemudi telah berjalan minimal 2 meter atau lebih dari mobil.

Khusus untuk varian tertinggi All New Honda BR-V 2022, yakni Honda BR-V 2022 Prestige CVT with Honda Sensing, fitur keamanan sudah dibekali dengan Honda Sensing. Untuk diketahui, Honda Sensing merupakan serangkaian fitur keselamatan yang memberikan perlindungan bagi pengemudi dan penumpang saat dalam perjalanan.

Fitur keselamatan yang terdapat di Honda Sensing ini terdiri dari Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Auto-High Beam.

Honda BR-V 2022 Prestige CVT with Honda Sensing juga memiliki fitur Honda LaneWatch. Fitur ini memberikan pengemudi visibilitas yang lebih luas pada area blind spot.

Tidak ketinggalan beberapa fitur lain yang sebelumnya sudah disematkan pada BR-V generasi pertama, seperti G-CON + ACETM with Side Impact Beam, Dual Front SRS Airbags, Driver Seat Belt Reminder, ABS + EBD, ISOFIX + Tether, Keyless Entry, Power Retractable Mirror, ECO Indicator, Digital A/C, Immobilizer, Alarm System, serta Pretensioner with Load Limiter Seat Belt.

Sebagai informasi, terdapat empat varian All New Honda BR-V 2022, yakni All New Honda BR-V tipe S, tipe E (transmisi M/T dan CVT), Prestige, serta Prestige with Honda Sensing dengan rentang harga mulai dari Rp 278,9 juta hingga Rp Rp 324,9 juta on the road (OTR) Jakarta.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai All New Honda BR-V 2022, Anda bisa klik tautan ini.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa