Soal Kasus Cat Hyundai IONIQ 5 Terkelupas, Apakah Coating Bisa Jadi Solusi?

Wisnu Andebar - Sabtu, 17 September 2022 | 14:14 WIB
Cat Hyundai Ioniq 5 terkelupas
Instagram @bernardwidiant
Cat Hyundai Ioniq 5 terkelupas

GridOto.com - Sempat viral di media sosial soal cat Hyundai Ioniq 5 terkelupas setelah ditempel lakban bening.

Kejadian apes Cat Hyundai Ioniq 5 terkelupas terjadi pada unit milik Bernard Widianto berwarna Gravity Gold Matte alias doff. 

Cat Hyundai Ioniq 5 terkelupas pada beberapa bagian seperti pijakan kaki pintu pengemudi, kemudian pilar pintu belakang.

Lantas, untuk mengantisipasi agar cat kendaraan tidak mudah terkelupas, apakah coating bisa menjadi solusi?

Menurut Presiden Direktur PT Global Auto International (GAI) sebagai distributor tunggal System X Ceramic Protection, Andi Setiawan, melapisi dengan coating tentu efeknya baik karena mampu melindungi cat kendaraan.

Namun, ia menuturkan sebelum dilakukan coating ada beberapa tahapan yang perlu dilalui agar hasilnya maksimal, salah satunya proses paint correction.

Paint correction sendiri merupakan proses menghilangkan baret halus, jamur, flek karena getah pohon atau kotoran burung yang menempel pada bodi mobil.

"Proses paint correction ini nanti akan menentukan cat mobil layak atau tidak dilakukan coating, karena kalau kualitas catnya tidak bagus pada proses pembersihan ini malah bisa keangkat catnya," ujar Andi kepada GridOto.com, Sabtu (17/9/2022).

"Seperti kasus cat Hyundai Ioniq 5 terkelupas, sama lakban saja catnya terkelupas, apalagi harus melewati proses paint correction," sambungnya.

Baca Juga: Babak Akhir Kasus Cat IONIQ 5 Terkelupas, Unit Berhasil Diperbaiki, Hyundai Terbuka Buat Pengecekan di Bengkel Resmi

Andi menduga, kasus cat Hyundai Ioniq 5 terkelupas ada kaitannya dengan penggunaan material baru yang berbeda baik dari sisi cat maupun bodi yang digunakan.

"Hyundai IONIQ 5 ini kan mobil listrik, kemungkinan bahan material berbeda dengan mobil konvensional, sehingga antara cat dengan bodi tidak menyatu sempurna," bebernya

Sebab berdasarkan pengamatannya, sejauh ini tidak ada mobil konvensional yang mengalami cat terkelupas, meski sudah digunakan bertahun-tahun.

"Jadi saya kira konsumen harus mendapat penjelasan dari Hyundai mengapa hal seperti ini bisa terjadi, karena menurut saya ini cacat produksi," pungkas Andi.


Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa