Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bukan Cuma Bengkok Visual, Sokbreker Belakang Honda PCX 150 Bekas Benar Ada yang Melengkung, Ini Penyebabnya

Harun Rasyid - Selasa, 6 September 2022 | 20:00 WIB
Ilustrasi Honda PCX 150 bekas
Harun/GridOto.com
Ilustrasi Honda PCX 150 bekas

GridOto.com - Masalah sokbreker belakang yang tampak bengkok, sempat  menghebohkan pengguna Honda PCX 150 rakitan lokal yang pertama kali diluncurkan Desember 2017.

Sokbreker belakang Honda PCX 150 yang tampak bengkok, akan semakin terlihat ketika rival Yamaha NMAX 155 ini digunakan berboncengan.

Padahal masalah sokbreker belakang Honda PCX 150 ini menurut pabrikan hanya berupa bengkok visual, artinya bagian suspensi tersebut tidak benar-benar melengkung serta bermasalah saat digunakan.

Muhammad Ikim, owner bengkel spesialis motor matic RI Matic Shop & Service di Jakarta Timur mengatakan, bengkok visual terjadi karena per sokbreker belakang Honda PCX 150 yang dapat diputar dengan tangan.

"Bengkok visual ini dari per yang bisa diputar, jadi biar lurus tinggal diputar lagi. Sementara kalau pakai sok aftermarket, pernya tetap lurus saat dan enggak ada bengkok visual lagi," ujarnya kepada GridOto.com belum lama ini.

Menurut Ikim, kerusakan seharusnya tidak terhindarkan apabila sokbreker belakang Honda PCX 150 lokal benar-benar bengkok.

"Jika sokbreker belakang bawaan pabrik bengkok, pasti akan terjadi kebocoran oli dari silnya. Tapi ini kan tidak ada masalah," jelasnya.

Sokbreker Honda PCX 150 bisa diputar
Rianto/Gridoto.com
Sokbreker Honda PCX 150 bisa diputar

Meski begitu, Ikim pernah beberapa kali menemukan sokbreker belakang Honda PCX 150 yang betul-betul bengkok.

Hal ini lantaran dudukan sokbreker belakang yang tidak lurus dengan bagian rangkanya.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa