Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - CVT Honda PCX 150 Disebut Parah Gredeknya, Bengkel Spesialis Kasih Solusi dan Perawatan Rutinnya

Harun Rasyid - Minggu, 28 Agustus 2022 | 16:11 WIB
Ilustrasi Honda PCX 150.
Agus Salim
Ilustrasi Honda PCX 150.

GridOto.com - Honda PCX 150 bekas lansiran 2017 sampai 2021 terbilang menarik untuk dipinang karena masih menawarkan desain modern sekaligus elegan.

Selain usianya masih terbilang muda, Honda PCX 150 bekas juga memiliki beragam fitur modern semisal panel instrumen digital, lampu full LED, keyless, hingga Idling Stop System (ISS).

Namun sebelum membeli Honda PCX 150 bekas, ada baiknya sobat mengetahui salah satu masalah yang biasa dialami rival Yamaha NMAX 155 ini.

Muhammad Ikim, Owner bengkel RI Matic Shop & Service mengatakan, CVT gredek menjadi penyakit Honda PCX 150 yang dirasakan sebagian pemiliknya.

"Penyakit Honda PCX 150 itu gredek di CVT yang juga terjadi di Honda Vario 150 karena mesinnya satu basis, cuma gredek di PCX ini lebih parah karena bobotnya yang lebih berat," ujarnya kepada GridOto.com, Sabtu (27/8/2022).

Menurut Ikim, masalah CVT gredek di Honda PCX 150 terbilang lumrah karena juga terjadi di hampir semua skuter matik lainnya.

"Penyebabnya CVT gredek itu karena traksi di CVT kurang gigit, ini penyakit umum karena masalah umur dan pemakaian. Tapi untuk Honda PCX 150, kategori gredeknya parah bahkan sampai getar ke bodi," ucapnya.

"Selain karena umur, gredek ini juga disebabkan faktor gaya berkendara pemiliknya yang kurang halus atau agresif," sambung Ikim.

Ia menyatakan, upgrade CVT Honda PCX 150 menjadi solusi untuk menghilangkan kondisi gredek saat pemakaian.

Baca Juga: Seken Keren - Berburu Honda PCX 150, Tampang Elegan Nyaman Buat Harian dan Touring, Harga Mulai Rp 24 Jutaan

"Solusinya upgrade CVT, di bengkel kami ada paketan yang akan mengganti tujuh komponen mulai dari kampas ganda custom relining agar lebih keset dan gigit ke mangkoknya, dan ganti per sentri khusus yang karakternya tidak terlalu keras dan lunak," ungkap Ikim.

"Kemudian ganti dumper CVT yang dilengkapi bushing, custom pulley, mangkok CVT custom yang sudah dilubangi untuk membuang debu, lalu ganti per CVT dan roller. Semua part custom bahannya dari part orisinil agar tetap awet," lanjutnya.

Paket upgrade CVT Honda PCX di bengkel RI matic Shop & Service
Dok. RI Matic Shop & Service
Paket upgrade CVT Honda PCX di bengkel RI matic Shop & Service


Biaya upgrade CVT untuk Honda PCX 150 di bengkel tersebut, ditawarkan Rp 1,2 juta berikut garansi selama dua tahun atau 20.000 kilometer (km).

Namun bagi yang belum ingin upgrade, Ikim menyarankan agar pemilik Honda PCX 150 rutin merawat bagian CVT.

"Perawatan rutinnya yaitu dibersihkan maksimal setiap bulan. Tapi hal ini tergantung rute harian penggunanya, gaya berkendara dan kondisi di jalannya. Contohnya jika rute perjalanan di bawah 50 km bisa dua bulan sekali dan tidak macet-macetan, kalau lebih dari itu maksimal sebulan sekali," terangnya.

Sementara untuk motor yang rute hariannya terbilang jauh seperti yang dipakai ojek online, pembersihan CVT-nya disarankan tiap dua minggu sekali.

"Untuk ojek online yang sehari bisa 100 km bahkan 200 km lebih, sebaiknya dua minggu sekali sekaligus servis rutin dan ganti oli mesin. Di sini biaya jasanya Rp 60 ribu," ucap Ikim.

Lebih lanjut, pembersihan CVT juga sebaiknya tidak menggunakan bensin atau cairan lainnya.

"CVT itu harus kering, jadi cukup bersihkan pakai angin kompresor, dielap dan amplas kampas gandanya. Sebab CVT harus terhindar dari debu, oli, dan air atau bensin," tambah Ikim.

Baca Juga: Bingung Mau Beli ADV 160 atau PCX 160? Yuk Sama-sama Kita Lihat Bedanya

Sebagai informasi, harga Honda PCX 150 bekas saat ini mulai Rp 24 jutaan sampai Rp 30 jutaan tergantung tipe dan kondisi.

Bengkel spesialis motor matic, RI Matic Shop & Service di Jakarta Timur
Harun/GridOto.com
Bengkel spesialis motor matic, RI Matic Shop & Service di Jakarta Timur

RI Matic Shop & Service

Jalan Pondok Kopi Raya Blok S4 No.5, Jakarta Timur.

Telp: 08118989798

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa