Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berkaca dari Kecelakaan Hermanto Dardak, Tugas Sopir Harusnya Bukan Asisten Tugas Ganda, Ini Kata Pakar Safety

Harun Rasyid - Minggu, 21 Agustus 2022 | 19:05 WIB
Kondisi Toyota Kijang Innova yang ditumpangi ayah Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak bernam Achmad Hermanto Dardak hancur menghantam truk
TribunJateng.com/Dina Indirani
Kondisi Toyota Kijang Innova yang ditumpangi ayah Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak bernam Achmad Hermanto Dardak hancur menghantam truk

GridOto.com - Ayahanda dari Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emir Dardak, Achmad Hermanto Dardak, tutup usia usai mengalami kecelakaan di Tol Trans Jawa, pada Sabtu (20/8/2022) kemarin.

Kecelakaan yang menimpa Mantan Wakil Menteri Pekerjaan Umum ini, lantaran Toyota Kijang Innova yang ditumpanginya menabrak truk tronton di ruas Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah.

Sopir Toyota Kijang Innova yang diketahui bernama Angga Saputra (30), diduga mengantuk sebelum menghantam bodi belakang truk Hino dengan nomor polisi K 1909 BH.

Dalam istilah keselamatan berkendara, fenomena pengendara yang tertidur sekejap ketika membawa kendaraan ini disebut microsleep.

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, pun menyoroti tugas sopir yang biasanya memiliki tugas ganda (multitasking) bisa menyebabkan terjadinya microsleep.

"Tugas sopir idealnya hanya konsentrasi dan melakukan tindakan preventif mulai dari memastikan kondisi kendaraan hingga menjaga waktu istirahat," ujarnya saat dihubungi GridOto.com, Minggu (21/8/2022).

Karena itu Jusri menyebut, jangan sampai tugas sopir yang harusnya fokus mengemudi juga mengurusi urusan-urusan lain atas permintaan atasannya.

"Misalnya seperti membantu mengangkut barang bosnya hingga tugas lainnya, dan ini banyak terjadi di Indonesia," sebutnya.

Baca Juga: Microsleep Jadi Pelajaran dari Kecelakaan Achmad Hermanto Dardak, Penyebabnya Mulai Dari Bosan hingga Depresi

Adapun sopir kerap menjadi tangan kanan atau asisten pengguna jasanya, yang menyebabkan lebih banyak terlibat aktivitas.

"Kegiatan multitasking dari sopir ini, terjadi bukan hanya saat mengemudi, tapi juga pra-mengemudi. Ini akan mengurangi kualitas konsentrasi ketika berkendara di jalan," terang Jusri.

Pakar Safety sorot tugas sopir yang tidak seharusnya, sehingga bisa menyebabkan kelelahan dan microsleep
Dok. Otomotif
Pakar Safety sorot tugas sopir yang tidak seharusnya, sehingga bisa menyebabkan kelelahan dan microsleep


Padahal menurutnya, sopir sudah sangat multitasking ketika mengemudi di jalan.

"Makanya korporasi atau perusahaan pengguna jasa sopir, memiliki manajemen yang luar biasa bagi para driver," kata Jusri.

"Alasannya karena tanggung jawab besar yang ditanggung si sopir, mulai dari mengantarkan barang hingga penumpang selamat sampai tujuan," lanjutnya.

Karena hal tersebut juga, korporasi biasanya melakukan assesment atau penilaian kepada para sopir guna memastikan kondisinya baik saat bertugas.

"Saat bertugas di hari itu juga, sopir akan di-assesment demi menentukan dia berhak atau tidak untuk menjalankan tugas," ungkap Jusri.

Maka dari itu, kondisi fisik dan mental sopir perlu menjadi pertimbangan bagi para pengguna jasanya, baik dalam skala perusahaan maupun perorangan.

"Proses asesmen ini perlu jadi pertimbangan penting, karena akan menentukan keselamatan nyawa sopir hingga orang lain," tutup Jusri.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa