Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Anjuran Servis Rutin sampai Ganti Oli Yamaha Aerox 155, Biaya Terjangkau Mulai Rp 35 Ribu

Harun Rasyid - Senin, 25 Juli 2022 | 07:30 WIB
Ilustrasi Yamaha Aerox 155
Salim/otomotifnet.com
Ilustrasi Yamaha Aerox 155

GridOto.com - Yamaha Aerox 155 bekas generasi pertama terbilang menarik untuk yang mencari skuter matik (skutik) berbodi gambot berkarakter sporty.

Bagi yang mau meminangnya, harga Yamaha Aerox 155 bekas yang perdana meluncur pada 2017 ini dibanderol mulai Rp 17 jutaan hingga Rp 20 jutaan tergantung tipe dan kondisi.

Namun sebelum membeli unitnya, ada baiknya sobat mengetahui anjuran servis rutin Yamaha Aerox 155 agar terhindar dari berbagai kesalahan perawatan.

Menurut Yoga Ningrat, Owner bengkel spesialis big matic Yoga Motoshop (YMS) di Jakarta Timur, anjuran servis rutin Yamaha Aerox 155 bisa dimulai dengan memperhatikan penggantian oli mesinnya.

"Kalau standar pabrikan, ganti oli itu per 4.000 kilometer (km). Tapi sebaiknya dilakukan di 2.500 sampai 3.000 km agar tidak terjadi penguapan yang parah dan bisa berujung pada melemahnya klep dan seher hingga menyusutnya oli atau istilahnya vampir," ujarnya kepada GridOto.com, Sabtu (23/7/2022).

Untuk Aerox 155, membutuhkan oli mesin sebanyak 900 mililiter dengan SAE 10W40 hingga 5W40.

Yoga mengatakan, anjuran ganti oli tersebut berlaku untuk Aerox 155 dengan kondisi standar.

Sedangkan untuk mesin yang sudah bore up atau di-upgrade, penggantian olinya bisa lebih intens.

"Kalau mesin tidak standar, maksimal ganti oli per 2.500 km. Tapi kalau umur motor sudah tua misalnya keluaran 2017 yang sudah lima tahun dan belum pernah servis besar, anjurannya per 1.500 km," kata Yoga.

Baca Juga: Seken Keren - Ketahui Masalah Kode Error 12 di Yamaha Aerox 155, Kalau Cuek Motor Bisa Kebakaran, Ini Solusinya

Sedangkan oli mesin yang tersedia di YMS, mulai dari Yamalube hingga Motul dengan banderol Rp 70 ribuan sampai Rp 155 ribu.

Berikutnya ia juga menyarankan untuk rutin mengganti oli gardan setiap dua kali ganti oli mesin.

"Disarankan memang dua kali ganti oli mesin, satu kali ganti oli gardan. Di sini kami pakai oli gardan sebanyak 250 mililiter seharga Rp 35 ribu," ucap Yoga.

Ilustrasi servis rutin Yamaha Aerox 155 di bengkel Yoga Motoshop (YMS), Jakarta Timur
Harun/GridOto.com
Ilustrasi servis rutin Yamaha Aerox 155 di bengkel Yoga Motoshop (YMS), Jakarta Timur


Lanjut ke servis rutin, anjurannya setiap Yamaha Aerox 155 disarankan setiap 5.000 sampai 10.000 km.

"Pengerjaan servis ringan ini mulai dari pembersihan injector, throttle body, diagnostic computer untuk reset sensor-sensor, hingga cek oli mesin dan oli gardan, cek filter udara, lampu-lampu, rem dan lainnya. Biayanya Rp 50 ribu kalau dengan diagnostic computer, kalai servis ringan saja biayanya Rp 35 ribu," tutup Yoga.

Yoga Motoshop (YMS)

Jl. Bulak Ringin No.88, RT. 8 RW. 2, Cibubur, Jakarta Timur.

Telp: 081314155805

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa